Jawabanmu

2014-08-20T19:02:01+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pada 7 Desember 1941, pesawat Jepang dikomandoi oleh Laksamana Madya Chuichi Nagumo melaksanakan serangan udara kejutan terhadap Pearl Harbor, pangkalan angkatan laut AS terbesar di Pasifik. Pasukan Jepang menghadapi perlawanan kecil dan menghancurkan pelabuhan tersebut. AS dengan segera mengumumkan perang terhadap Jepang. 

Bersamaan dengan serangan terhadap Pearl Harbor, Jepang juga menyerang pangkalan udara AS di Filipina. Setelah serangan ini, Jepang menginvasi Filipina dan koloni-koloni Inggris di Hong Kong, Malaya, Borneo dan Birma dengan maksud selanjutnya menguasai ladang minyak Hindia Belanda
1 5 1
2014-08-20T19:23:42+07:00
Keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia II dapat ditelusuri dari krisis Internasional yang terjadi setelah Perang Dunia I. Diantarannya, monopoli kekuasaan oleh negara-negara pemenang Perang Dunia I hingga krisis ekonomi dunia tahun 1929. Sebagai cara untuk mengatasi krisis yang juga berimbas ke Jepang tersebut, maka Jepang mendirikan negara boneka Manchukuo pada tahun 1931 untuk memonopoli sumber bahan mentah dan daerah pemasaran di Manchuria. Akibat dari tindakan tersebut, Jepang mendapat kecaman dari masyarakat Internasional yang ketika itu diwakili oleh Liga Bangsa-Bangsa. Namun, kecaman tersebut justru ditanggapi Jepang dengan apatis dan puncak dari sikap apatisme itu adalah dengan keluar dari Liga Bangsa-Bangsa pada tahun 1933. Sikap yang demikian membuat Jepang seolah terkucilkan dari dunia internasional. Terasingnya Jepang dari dunia Internasional tersebut, ditambah dengan ditandatangganinya pakta pertahanan dengan Jerman dan Italia (yang mengalami hal yang sama dengan jepang - dicari ya boo.. penyebabnya!!!) pada tahun 1936. Kemudian, segera setelah Perancis Jatuh ke tangan Jerman pada tanggal 18 Juni 1940, Jepang menduduki Indo-Cina yang merupakan daerah jajahan Perancis. Di lain pihak, tidakan Jepang tersebut membuat Amerika khawatir, sehingga Amerika berusaha keras untuk membatasi gerak langkah Jepang dengan melakukan pembekuan dana dan embargo minyak terhadap Jepang pada juli 1941. Karena sadar bahwa berhadapan langsung dengan kekuatan militer Amerika perlu dihindari, maka negosiasi kemudian diusahakan oleh pihak Jepang sekitar bulan Oktober 1941. Dalam negosiasi tersebut, Jepang ingin memiliki otoritas yang sama dengan negara-negara barat yang boleh melakukan pendudukan atau kolonialisme demi mengeruk keuntungan ekonomi dari negara lain. Jepang berfikir bahwa Manchuria biarkan tetap bersama Jepang untuk mendukung perekonomian Jepang. Namun, pihak Amerika terus tidak sepakat dengan apa yang diusulkan oleh Jepang. Akibatnya, perang dengan Amerika dirasa tidak perlu dihindari lagi dan penyerangan atas Pearl Harbour tidak terelakkan. Amerika, Britania Raya, serta Belanda menyatakan perang dengan Jepang pada hari itu juga, Sehari setelahnya giliran Cina resmi menyatakan perang terhadap Jepang. Berawal dari sinilah Jepang terlibat langsung dalam Perang Dunia II. Selang 5 Jam setelah serangan terhadap Pearl Harbor, pesawat-pesawat Jepang telah mendarat di Filipina. beberapa hari setelahnya Jepang berhasil mendarat di Hong-Kong pada tanggal 18 Desember 1941, kemudian melanjutkan dengan menyerang Sumatra dan Borneo pada bulan yang sama. Ketika memasuki bulan Februari tahun 1942, Jepang telah berhasil menaklukkan Indonesia (Hindia Belanda), Singapura, dan Malaysia.