Jawabanmu

2014-08-19T21:43:42+07:00
1. suhunya normal dan bisa dibilang tidak terlalu ekstrim (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin) yaitu berada pada 20-30 derjat celcius.
2. curah hujan nya tinggi sehingga menyebabkan tanah di indonesia cukup subur.
3. tekanan udara cenderung rendah
4. mengalami pergantian musim penghujan dan musim kemarau setaip 6 bulan sekali karna di indonesia dilalui 2 pola arah agin yaitu angin barat dan angin timur

2014-08-19T21:47:02+07:00
Suhu udara rata-rata tinggi, karena matahari selalu vertikal. Umumnya suhu udara antara 20–23o C. bahkan di beberapa tempat rata-rata suhu tahunannya mencapai 30oC.Amplitudo suhu rata-rata tahunan kecil. Di khatulistiwa antara 1oC – 5oC, sedangkan amplitudo hariannya lebih besar.Tekanan udaranya rendah dan perubahannya secara perlahan dan beraturan.Hujan banyak dan lebih banyak dari daerah-daerah lain di dunia.Di pengaruhi oleh pergerakan peredaran matahari yang menyebabkan peredaran pola angin sehingga terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.Di beberapa pulau besar seperti sumatra, jawa, kalimantan, sulawesi, dan papua terdapat gunung-gunung yang tinggi sehingga memengaruhi variasi unsur iklim di setiap wilayahnya.Indonesia juga memiliki iklim tropis, hal ini di pengaruhi bentuk wilayah indonesia yang berupa kepulauan. Sebagian besar tanah daratan indonesia di kelilingi oleh laut atau samudra. Itulah sebabnya di indonesia terdapat iklim laut. Sifat iklim ini lembab dan banyak mendatangkan hujan.