Jawabanmu

2014-08-19T19:24:32+07:00
Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945. Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila
Jawaban paling cerdas!
2014-08-19T19:28:44+07:00
Pada tanggal 29 mei 1945 mr. muh yamin mendapat kesempatan terlebih dahulu untuk mengajukan konsep dasar negara indonesia merdeka, dalam pidatonya di depan sidang BPUPKI beliau mengajukan konsep dasar negara indonesia merdeka. pada tanggal 31 mei 1945 mr. sopomo mendapat kesempatan untuk menyajikan konsep dasar negara indonesia merdeka
dalam pidatonya beliau mencetuskan pahan integralistik. tanggal 1 juni 1945 ir. soekarno dan beliau yang mengusulkan istilah "pancasila"