Sekelompok warga yang berjumlah 24 orang bekerja bakti membersihkan balai pertemuan. pekerjaan diperkiraan selesai dalam waktu 5 jam. jika kemudian 6 warga lainnya ikut membantu, maka pekerjaan tersebutakan selesai dalam waktu?

2

Jawabanmu

2014-02-12T18:29:51+07:00
24 = 5 jam,24:6=4=5:4=1,25 jam
5jam-1,25jam=3,75 jam
2 3 2
Jawaban paling cerdas!
2014-02-12T19:01:11+07:00
Itukan menggunakan rumus perbandingan berbalik nilai karena besaran yang satu naik, besaran lain akan turun 
24 warga ⇒ 5 jam 
24 + 6 warga = 30 warga ⇒ n jam 
jawab :
24/30 = n jam/5jam 
24 x 5 = 30 x n 
120 = 30n 
120/30 = n
4          = n 
jadi, pekerjaan tersebut selesai dalam waktu 4 jam 

semoga jawaban saya bisa membantu :)