1. Ani mempunyai 3 jam weker. Jam weker A berbunyi setiap 10 menit sekali dan jam weker B berbunyi setiap 15 menit sekali. Jam weker C berbunyi setiap 20 menit sekali. Pada pukul jam 05.00 pagi ketika jam tersebut berbunyi bersamaan, pada jam berapa ketiga jam tersebut berbunyi lagi bersamaan kedua kalinya?

2. Bus A tiba diterminal setiap 6 hari sekali. Bus B tiba setiap 8 hari sekali. Dan bus C tiba 12 hari sekali. Pada tanggal 10 Agustus 2014 ketiga bus tersebut tiba diterminal secara bersamaan. Pada tanggal berapakah bus tersebut akan tiba secara bersamaan kedua kalinya?

2
1. 06.00 pagi ketiganya akan berbunyi bersamaan
hebat

Jawabanmu

2014-08-19T16:45:30+07:00
1. 06.00 berbunyi untuk yang kedua kalinya dan 07.00 berbunyi bersamaan untuk yang ke-tiga kalinya....
2. 4 Agustus 2014
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-08-19T17:17:27+07:00
1.)
 Dik : Jam weker A stiap 10 mnt skali
         Jam weker B stiap 15 mnt skali
         Jam weker C stiap 20 mnt skali
Pkl. 05.00 ketiga jam berbunyi bersamaan

Dit : pada jam berapa ketiga jam tersebut berbunyi lagi bersamaan kedua kalinya?
Jwb : ini menggunakan KPK

KPK dari 10,15,20
10 = 2 × 5
15 = 3 × 5
20 = 2²× 5

KPK = 2² × 3 × 5 = 60

Ketiga jam weker akan berbunyi 60 mnt atau 1 jam lagi

05.00 + 01.00 = 06.00 pagi

Jadi ketiga jam weker akan berbunyi bersamaan kedua kalinya pkl. 05.30 pagi

2.)
Dik : bus A tiba stiap 6 hari skali
        bus B tiba stiap 8 hari skali
        bus C tiba stiap 12 hari skali
Pada tanggal 10 Agustus ketiga bus tiba secara bersamaan

Dit : Pada tanggal berapakah ketiga bus tersebut akan tiba secara bersamaan kedua kalinya?

Jawab : ini juga menggunakan KPK

KPK dari 6,8,12
6   = 2 
× 3
8   = 2³
12 = 2²× 3

KPK = 2³ × 3 = 24

Ketiga bus tersebut akan tiba secara bersamaan kedua kalinya pada 24 hari lagi

10 Agustus 2014 + 24 hari = 34 hari - 31 = 3 September 2014

Jadi, ketiga bus tersebut akan tiba secara bersamaan kedua kalinya pada 3 September 2014
wow, panjang sekali bung
haha kalo soal kayak gini sih aku rela nulis panjang :)
saya suka semangat anda bung
terimakasih