Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-19T14:20:19+07:00
Ciri-ciri pokok hak asasi manusia - HAM- Dalam pasal
I Undang-Undang Nomor 39 Tahun I999 tentang HAM
disebutkan bahwa : Hak asasi manusia adalah
seperangkat hak yang melekat pada hakekat dan
keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang
Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib
dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh
negara, hukum, pemerintah dan setiap orang, demi
kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat
manusia.
Berdasarkan rumusan HAM di atas, dapat ditarik
kesimpulan tentang beberapa ciri pokok hakikat
HAM yaitu :
HAM tidak perlu diberikan, dibeli ataupun
diwarisi. HAM adalah bagian dari manusia secara
otomatis.
HAM berlaku untuk semua orang tanpa
memandang jenis kelamin, ras, agama, etnis,
pandangan politik atau asal-asul sosial dan bangsa.
HAM tidak bisa dilanggar. Tidak seorangpun
mempunyai hak untuk membatasi atau melanggar
hak orang lain. Orang tetap mempunyai HAM
walaupun sebuah Negara membuat hukum yang
tidak melindungi atau melanggar HAM .
1 5 1
2014-08-19T14:22:07+07:00
HAM adalah sesuatu yang otomatis berada pada diri manusia, berlaku bagi siapa saja, tidak bisa dilanggar
Ciri-Ciri Hak Asasi Manusia
a. HAM merupakan sesuatu yang otomatis telah ada pada diri manusia tanpa harus membeli, meminta ataupun hasil variasi dari orang lain karena HAM mutlak ada pada diri manusia sejaka lahir sebagai anugerah dari tuhan YME.
b. HAM berlaku untuk siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, ras, suku, agama, assl-usul/daerah kelahiran, warna kulit, pandangan politik ataupun budaya yang dianutnya.
c. Hak asasi tidak bisa dan tidak boleh dilanggar. Karena