Jawabanmu

2014-08-19T13:13:18+07:00
 pertama-tama anda harus mengendurkan baut yang berguna sebagai pengunci dan menggeser rahang geser yang terdapat pada jangka sorong, tetapi kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa rahang geser jangka sorong tersebut bekerja dengan baik atau tidak, lalu anda harus memastikan bahwa ketika rahang tertutup, jangka tersebut harus menunjukkan angka nol, langkah kedua adalah lakukan pembersihan baik pada benda yang akan diukur maupun pada permukaan rahang jangka sorong untuk menghindari kesalahan pengukuran secara detail, dan langkah yang terakhir adalah dengan menutup rahang jangka hingga mengapit pada bagian suatu benda yang sesuai dengan apa yang kita ingin ukur, lalu anda tinggal melihat skala yang ditampilkan pada jangka sorong ini dan anda sudah dapat menggunakan jangka sorong yang benar.Jangka sorong ini juga dapat mengukur diameter yaitu dengan cara menggunakan rahang bagian atas, lalu masukkan benda yang akan diukur dan pastikan bahwa posisi benda lurus dan sama rata,selain itu adapula Cara Menggunakan Jangka Sorong sebagai alat pengukur kedalam suatu benda, dengan cara menempatkan benda yang akan diukur kedalamannya pada tangkai jangka sorong,lalu tarik rahang geser jangka hingga menyentuh permukaan dalam benda tersebut dan pastikan bahwa baik benda yang ingin diukur ataupun jangka sorong anda tidak mengalami pergerakan sehingga dapat menentukan ukuran kedalaman yang sempurna.
2014-08-19T13:20:53+07:00
1. kendorkan baut pengunci dan geser rahang geser, pastikan rahang geser bekerja dengan baik, ohiya jangan lupa dicek ketika rahang tertutup harus menunjukkan angka nol.
2. tutup rahang hingga mengapit benda yang diukur. Pastikan posisi benda sesuai dengan pengukuran yang ingin diambil. Lalu tinggal membaca skalanya.

cara membaca jangka sorong :
-lihat skala utamanya. nilai yg terukut harus lurus dgn angka nol di skala nonius.
(baru dpt ketelitian 1mm)
-lihat skala noniusnya. cari angka pada skala nonius yg berimpitan dgn garis di skala utama (skala nonius punya ketelitian hingga 0,1mm)
-selanjutnya jumlahkan skla utama dgn skala nonius
1 5 1