Jawabanmu

  • isac
  • Gemar Membantu
2014-08-19T12:35:07+07:00
Sosiologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang hubungan sosial dalam masyarakat:)
Jawaban paling cerdas!
2014-08-19T12:40:15+07:00
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari seluruh
seluk beluk yang berhubungan dengan sosial.
Banyak aspek yang dipelajari dalam ilmu
sosiologi dimana berkait dengan kehidupan
sosial, hubungan antar sesama, kekeluargaan,
kasta, rumpun, bangsa, agama dan asosiasi
kebudayaan, ekonomi dan organisasi politik, dari
keseluruhan yang tersebut adalah pernyataan
naluri dari khalayak sosial. Dapat diambil
pernyataan bahwa masyarakat adalah lebih
dahulu dari pada Negara.
Disisi lain jangkauan ilmu politik bersifat
terbatas. Ilmu politik bersifat menyusun atau
mengatur disiplin atau aturan, dan mengenai
secara praktis dengan keistimewaan dari aspek
kehidupan sosial atau phenomena politik.
Sosiologi juga mempelajari sesuatu yang tidak
merupakan phenomena ilmu politik, sedangkan
hak yang tidak merupakan phenomena
perpolitikan bersifat diluar atau terlalu sulit
dijangkau dengan ilmu politik.
Gilchrist: mengatakan, didalam ilmu politik kita
musti mengambil fakta- Fakta dan hukum dari
asosiasi masyarakat, dimana fakta- fakta dan
hukum tersebut merupakan kewajiban dari ilmu
sosilogi dalam penentuan. Asal mula hukum-
hukum dan pertumbuhan negara diputuskan oleh
ilmu sosiologi dimana keistimewaannya diminati
oleh para pelajar ilmu politik.
1 5 1