Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-19T09:53:07+07:00
Tanah merupakan salah satu sumber daya alam utama yang ada di planet bumi serta merupakan kunci kerberhasilan makhluk hidup. Tanah adalah lapisan tipis kulit bumi dan terletak paling luar. Tanah merupakan hasil pelapukan atau erosi batuan induk (anorganik) yang bercampur dengan bahan organik. Tanah mengandung partikel batuan atau mineral, bahan organik ( senyawa organik dan organisme ) air dan udara. Mineral merupakan unsur utama tanah. Pada umumnya mineral terbentuk dari padatan anorganik dan mempunyai komposisi homogen.

Tanah terbentuk melalui proses alami dan berlangsung sangat lama. Selain itu terdapat hubungan antara perkembangan lapisan tanah dan perkembangan tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia. Jenis tanah memiliki perbedaan antara satu tempat dengan tempat lainnya. Perbedaan itu terjadi karena berbagai faktor, diantaranya adalah

- Jenis batuan

- Bahan induk

- Curah hujan

- Penyinaran matahari

- Bentuk permukaan bumi

- Organisme yang ada di tanah

- Tumbuh-tumbuhan penutup tanah (Vegetasi)
2 4 2
2014-08-19T09:53:10+07:00
Tanah adalah salah satu unsur abiotik pembentuk ekosistem kehidupan