Kurangkan bentuk-bentuk aljabar berikut !
1) 3 (x+2) dari 5(x-4)
2) 7 (x²-x-2) dari 3(x²-5x+4)
3) 2a²b²+6 dari 6a²b²-8
4) 3p(5p-4q+2) dari 4p (3p+2q-6)
Tolong ya, pakek jalannya. Penting bgt, soalnya besok dikumpul.

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-18T22:18:02+07:00
Karena kurangkan berarti kata "dari" diganti menjadi - tapi karena "dari" jadi yang di depan ke belakangkan
1) 3 (x+2) dari 5(x-4)
=5(x-4) -3(x+2)
=5x -20 -3x -6
=2x -26

2)7 (x²-x-2) dari 3(x²-5x+4)
=3(x²-5x+4) -7(x²-x-2)
=3x²-15x+12 -7x² +7x +14
=-4x² -8x +26

3)2a²b² +6 dari 6a²b² -8
=6a²b² -8 -(2a²b² +6)
=6a²b² -8 -2a²b² -6
=4a²b² -14

4)3p(5p -4q +2) dari 4p(3p +2q -6)
=4p(3p +2q -6) -3p(5p -4q +2)
=12p² +8pq -24p -15p² +12pq -6p
=-3p² +20pq -18p
2 5 2
2014-08-18T22:29:50+07:00
Ini dia jawabanya :

1) 3 (x+2) dari 5(x-4)
=5(x-4) -3(x+2)
=5x -20 -3x -6
=2x -26

2)7 (x²-x-2) dari 3(x²-5x+4)
=3(x²-5x+4) -7(x²-x-2)
=3x²-15x+12 -7x² +7x +14
=-4x² -8x +26

3)2a²b² +6 dari 6a²b² -8
=6a²b² -8 -(2a²b² +6)
=6a²b² -8 -2a²b² -6
=4a²b² -14

4)3p(5p -4q +2) dari 4p(3p +2q -6)
=4p(3p +2q -6) -3p(5p -4q +2)
=12p² +8pq -24p -15p² +12pq -6p
=-3p² +20pq -18p





1 5 1