Sebuah lemari berukuran 96 cm x 60 cm x 72 cm. untuk lemari mainan anak2,dibuat model lemari yg panjangnya 12 cm.
Hitunglah:
a. ukuran lebar dan tinggi lemari pada model,
b. luas permukaan lemari sebenarnya Dan luas permukaan lemari pada model,
c. volume lemari sebenarnya dan volume lemari pada model.

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-18T22:02:37+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
A. krna panjang model = 12 (96 dibagi 8)
maka lebar dan tinggi model juga dibagi 8 agar perbandingan sesuai dengan panjangnya
lebar = 60 dibagi 8 = 7,5
tinggi = 72 dibagi 8 = 9
b. luas permukaan (balok)
sebenarnya
Lp = (p.l)+(p.t)+(l.t)
= (96.60)+(96.72)+(60.72)
= 5760+6912+4320
= 16992 m kubik
model
Lp = (p.l)+(p.t)+(l.t)
=(12.7,5)+(12.9)+(9.7,5)
= 90+108+67,5
= 265,5

c. sebenarnya
v= p . l . t
= 98 . 60 . 72
= 423360 m kubik
model
v= p . l . t
= 12 . 7,5 . 9
= 810 m kubik
2014-08-18T22:37:25+07:00
Ukuran lemari adalah 96 × 60 × 72
ukuran model adalah 12 × a × b

maka mencari ukuran lain dari model adalah

96  =  60        ---------------------------------> 96 = 8
12      a                                             12     1
a = 60 × 1
          8
a = 7,5

  =  72
1        b
b = 72 : 8
b = 9

a. Ukuran model adalah = 12 × 7,5× 9
b. luas permukaan model : (2 × 12 × 7,5) + (2 × 7,5 × 9) + (2 × 12 × 9)
                                     = 180 + 135 + 216
                                     = 531
  luas permukaan sebenarnya = (2 × 96 × 60) + (2 × 96 × 72) + (2 × 60 × 72)
                                            = 11520 + 13824 + 8640
                                            = 33984
c. volume lemari = 96 × 60 × 72
                         = 414720
 volume = 12 × 7,5 × 9
            = 810 m3


1 5 1