Jawabanmu

2014-08-18T21:36:36+07:00
1.       Iklim Musim ( Iklim Muson )
Iklim Muson adalah jenis iklim yang dipengaruhi oleh perubahan angin yang berubah- ubah secara periodik, yaitu enam bulan sekali. Iklim muson ini terdiri dari dua jenis, Iklim Muson Timur dan Iklim Muson Barat. Iklim muson barat ( Angin musim barat daya ) bertiup dari bulan Oktober hingga April dengan membawa udara lembab dan menjadikan terciptanya musim penghujan. Sedangkan iklim muson timur ( Angin musim timur laut ) bertiup dari bulan April hingga bulan Oktober dengan membawa angin kering dan mengakibatkan terjadinya musim kemarau.

2.       Iklim Tropis
Seperti Negara di Asia Tenggara pada umumnya, Indonesia memiliki iklim tropis. Hal ini terjadi karena Indonesia dilewati oleh garis katulistiwa sehingga hanya memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan kemarau. Karakter dari iklim tropis ini adalah bersifat panas dan mengandung banyak curah hujan.

3.       Iklim Laut
Indonesia memiliki iklim laut karena merupakan negara maritim atau negara perairan yang terdiri dari banyak pulau- pulau besar dan ribuan pulau kecil. Hal ini berakibat sering terjadinya penguapan air laut sehingga udara menjadi panas dan curah hujan meninggi.

2 3 2