Sebutkan kalimat aktif transitif & intransitif dalam bacaan di bawah ini. Disebuah hutan belantara yang begitu luas
tumbuhlah sebuah pohon yang begitu
rindang, daunnya begitu lebat, buah banyak ranum berwarna kuning keemasan.
Pada suatu hari seekor burung Jalak sedang
terbang dan hinggap di dahan pohon tersebut, ia berkicau memuji keindahan pohon
tersebut “… wahai pohon begitu sempurna Tuhan menciptakanmu, kamu dianugrahi
daun yang begitu lebat, batang yang kuat, buah yang berwarna-warni, bolehkah
aku tinggal bersamamu untuk menikmati betapa segarnya buahmu…” Pohon itu
menjawab “… wahai burung jalak tinggallah kau sesukamu, kau tinggal pilih buah
mana yang kau suka…” Burung Jalakpun tinggal di pohon itu.




2

Jawabanmu

2014-08-18T21:26:01+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-08-18T21:33:53+07:00
Transitif :memuji,menciptakan,dianugerahi,menikmati,menjawab,pilih.
intransitif :tumbuh,terbang,hinggap,berkicau,tinggal