Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-18T20:52:07+07:00
a.  Rendahnya gaji yang diberikan kepada pegawai-pegawai VOC menyebabkan mereka berbuat curang atau korupsi. Salah satu bentuk kecurangan VOC adalah dengan melakukan pemerasan terhadap bangsa Cina pada waktu mereka memerlukan surat-surat tanda memiliki tempat tinggal di Batavia.
b.  Banyaknya saingan yang harus dihadapi oleh VOC  dalam perdagangannya di Asia, misalnya dari bangsa Perancis yang memiliki perusahaan Compagnie des Indes dan lebih-lebi dari bangsa Iinggris dengan East Indian Company
.
c.    Sesuai dengan octroii, para pemegang saham berhak mendapatkan divident atau pembagian keuntungan. Waktu VOC mulai merugi, divedent tetap diberikan, dengan tujuan agar para pemegang saham tidak menarik modalnya, sebab bila banyak yang menarik modalnya, maka VOC akan bangkrut. Pembagian divident dalam keadaan rugi, menyebabkan VOC memiliki banyak utang.d. VOC banyak mengeluarkan biaya untuk peperangan, baik berebut monopoli perdagangan maupun memperluas wilayah jajahan. Contoh yang paling nyata adalah cara VOC campur tangan dalam perang perebutan mahkota di Mataram.
1 5 1
2014-08-18T20:54:50+07:00
Penyebab Voc di bubarkan, antara lain : rendahnya gaji yang diberikan je pegawai-pegawai Voc, banyak saingan yang harus dihadapi voc dalm perdagangan di asia, waktu voc mulai merugi, voc banyak mengeluarkan biaya untuk peperangan..
2 5 2