Jawabanmu

2016-08-12T16:41:28+07:00
Perubahan wujud benda berkaitan dengan kalor. Benda bisa berubah wujud jika benda menerima kalor atau melepaskan kalor. MIsalnya:
-Melebur, terjadi perubahan wujud benda dari zat padat ke zat cair. hal ini  karena benda menerima kalor. Misalnya es batu yang mencair karena es batu yang menerima kalor sehingga wujudnya berubah menjadi air.
-Menguap, adalah proses perubahan wujud dari zat cair ke gas. Hal ini karena benda menerima kalor. Misalnya air yang dipanaskan akan menguap menjadi uap air
-Melenyap, adalah proses perubahan zat padat menjadi gas. Hal ini karena benda menerima kalor. Misalnya kapur barus yang semula berbentuk padat ketika didiamkan pada suhu kamar akan menghilang karena telang menguap.
-Membeku, yaitu proses perubahan wujud benda dari zat cair ke zat padat. Hal ini karena benda melepas kalor. MIsalnya ketika air didiamkan dalam lemari es, air akan melepas kalo sehingga berubah wujud menjadi es.
-Mengembun, yaitu proses perubahan wujud zat dari gas menjadi cair. Hal ini karena benda melepas kalor. MIsalnya di pagi hari kita melihat embun pada daun, karena uap air pada malam hari yang dingin akan melepas panas sehingga berubah wujud menjadi air.

-mengkristal, adalah proses perubahan wujud dari gas menjadi padat. Hal ini karena benda melepas kalor. Contohnya adalah peristiwa berubahnya uap menjadi salju. 

Dalam perubahan wujud benda, kalor yang diterima/dilepas benda tidak menyebabkan suhu benda berubah. Dalam perubahan wujud, suhu benda adalah tetap.