Jawabanmu

2014-08-18T20:18:42+07:00
Kitab sutasoma,bhinaeka tunggal ika tanhana dharma mangrwua yg artinya walaupun berbeda2 tetapi ttp satu jua adanya karena agama tak yg tujuan nya berbeda,hal ini berkaitan dgn pancasila karena sejak jmn kerajaan kuno pun bangsa indonesia sudah mengenal satu kesatuan
Jawaban paling cerdas!
2014-08-18T20:24:45+07:00
Nilai-nilai Pancasila dlm bk Negarakertagama.
Zaman keemasan diawali dg sumpah Patih Gajah Mada untuk menyatukan wilayah Nusantaradibwh kekuasaan Majapahit dg semangat tsb majapahit berhasil menguasai wilayah kekuasaan yg melebihi wilayah kekuasaan Negara indonesia sekarang. Mpu Prapanca menceritakan raja yg memiliki perhatian besar thd rakyatnya, mengharhai niai-nilai kemanusiaan pd setiap orang, bahkan pd rakyat jelata sekalipun raja jg mengutamakan kesejahteraan rakyatnya. Didlm buku tsb jg diceritakan ttg masa kejayaan kerajaan majapahit dibawah kekuasaan raja Hayam wuruk dn patihnya yg setia gajah mada. Selain menceritakan sistem pemerintahan , berbagai upacara keagamaan, adat istiadat serta keadaan keluarga raja juga diceritakan. Apa yg tertulis didlm kitab Negarakertagama membuktikan bwh nilai-nilai Pancasila , seperti : Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan dsbnya. Sdh ada pd diri bgs indonesia sejak jaman dulu kala.
1 5 1