Tolongin yaa. :3
Seorang pedagang membali 20 og gula merah dg harga Rp5.500,00 per kg. Gula itu kemudian dijual lagi dg harga Rp7.500,00 per kg. Selama menjual gula tersebut ternyata tersisa 1 kg gula tdk layak jual.
a. Untung / rugikah pedagang tsb ?
b. brp presentasenya ?

2
oh ya itu maksudnya 20 kg bukan gram lho

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-11T21:11:01+07:00
A. untung
b. harga beli = 20 x 5.500 = 110.000
    harga jual = 19 x 7.500 = 142.500
     untung= 142.500 - 110.000 = 32.500
persentase=  \frac{32.500}{110.000} x 100%
                = 29,54%
thx ya :)
oke, tapi maaf kalo misal jawabannya salah :))
2014-02-11T21:15:40+07:00
a) Untung, karna 20 x 5.500 = 110.000
dijual lagi dengan harga 7.500/kg,
karna 1 kg tidak layak dijual jadi 20 - 1 = 19 kg x 7.500 = 142.500 
 
b) Presentasinya 142.000 - 110.000 = 32.500 untungnya
    R = untung / harga beli
       = 32.500/110.000 x 100% =