Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-18T18:08:56+07:00
Variabel bebas : perlakuan yang ingin dilihat pengaruhnya.
variabel terikat : variabel yang perubahannya akan diteliti.
variabel kontrol : variabel yang diusahakan untuk dinetralisasi oleh peneliti.
1 5 1
2014-08-18T18:09:35+07:00
A. Variabel bebas (variabel manipulasi) adalah pelakuan yang berbeda-beda dalam percobaan. Variabel bebas sengaja dibuat berbeda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.
b. Variabel terikat (variabel respons) adalah hasil dari perlakuan yang berbeda-beda dalam percobaan. Variabel terikat merupakan akibat dari variabel bebas.
c. Variabel kontrol (variabel terkendali) adalah perlakuan yang sama pada semua percobaan. Oleh karena perlakuannya sama, maka pengaruhnya juga sama pada semua kelompok percobaan (terkendali). Variabel kontrol merupakan variabel yang tidak diteliti pengaruhnya dan hanya digunakan sebagai pembanding.