Dalam sebuah kelompok terdapat 16 anak terdiri dari 10 anak gemar musik pop . 8 Anak gemar musik dangdut dan beberapa diantaranya suka keduanya. Bila seorang siswa dipanggil, maka peluang yang terpanggil dalah siswa yang gemar musik pop dan dangdut adalah....

2
ibaratkan x adalah siswa yang gemar musikpop dan dangdut
10 + 8 + x = 16
18 - x = 16
x = 18 - 16 = 2
jadi peluangnya 2/16 = 1/8

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2013-12-14T17:25:18+07:00
Misalkan yg suka keduanya adalah x, maka :
10-x+x+8-x=16
18-x=16
x=2
jd yg suka pop 10-2=8 orang
yg suka dangdut = 8-2=6 orang
maka peluang terpanggil keduanya = 2/16 atau 1/8
peluang terpanggil yg suka pop adalah 8/16 atau 1/2
peluang terpanggil yg suka dangdut adalah 6/16 atau 3/8
semoga membantu :)

1 5 1
2013-12-14T19:59:59+07:00
Banyak siswa yg suka keduanya = (10 + 8) - 16 = 2

jadi, peluangnya =  \frac{2}{16} = \frac{1}{8}
1 3 1