Jawabanmu

2014-02-11T20:01:56+07:00
Banjir adalah dimana suatu daerah dalam keadaan tergenang oleh air dalam jumlah yang begitu besar. Sedangkan banjir bandang adalah banjir yang datang secara tiba-tiba yang disebabkan oleh karena tersumbatnya sungai maupun karena pengundulan hutan disepanjang sungai sehingga merusak rumah-rumah penduduk maupun menimbulkan korban jiwa. Bencana banjir hampir setiap musim penghujan melanda Indonesia. Berdasarkan nilai kerugian dan frekuensi kejadian bencana banjir terlihat adanya peningkatan yang cukup berarti. Kejadian bencana banjir tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor alam berupa curah hujan yang diatas normal dan adanya pasang naik air laut. Disamping itu faktor ulah manusia juga berperan penting seperti penggunaan lahan yang tidak tepat (pemukiman di daerah bantaran sungai, di daerah resapan, penggundulan hutan, dan sebagainya), pembuangan sampah ke dalam sungai, pembangunan pemukiman di daerah dataran banjir dan sebagainya.
2014-02-11T20:02:50+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Hujan deras yang mengguyur Kota Denpasar, Rabu (18/7/2012) pagi waktu setempat, mengakibatkan banjir di sejumlah lokasi. Dari pantauan Kompas.comdi lapangan, wilayah yang terparah adalah kawasan Monang-Maning, Denpasar. Ratusan rumah di kawasan padat penduduk ini terendam banjir hingga setengah meter akibat sungai di sekitar rumah warga meluap. Dua wilayah di Monang Maning yang cukup tinggi genangan airnya adalah Jalan Gunung Kelimutu dan Jalan Patuha. “Setiap hujan deras pasti banjir, enggak mungkin enggak,” ujar Ketut Budi, salah seorang warga yang rumahnya terendam banjir. Budi masih sempat menyelamatkan barang-barang berharganya ke tempat yang lebih tinggi sebelum air masuk ke dalam rumahnya. “Kita sudah siaga, kalau hujan sudah siap-siap. Tadi sudah naruh barang-barang di atas bangku,” jelasnya. Hujan mulai reda sekitar pukul 09.30 WITA. Genangan banjir pun kini sudah mulai surut.


semoga membantu :)
1 5 1