Admin mau nanya
1) mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?
2) bagaimana secara metodologis kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?
3) mesir mengetahui zaman praaksara sekitar tahun 3000 SM tetapi di Indonesia baru abad ke 4 sampai abad ke 5 mashi. Mengapa demikian?

1

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-30T15:16:21+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.
Istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah karena istilah pra sejarah menggambarkan perkembangan kehidupan dan budaya manusia saat belum ada sejarah, yang berarti belum ada kehidupan manusia. Padahal, manusia sudah memiliki sejarah dan menghasilkan kebudayaan walaupun belum mengenal tulisan. Oleh sebab itu istilah praaksara lebih tepat dibandingkan istilah prasejarah.

2.
Tetap dengan metode empiris. Walaupun menusia belum mengenal tulisan, bukti-bukti kehidupan mereka bisa diketahui dari peradaban, misalnya membuat kapak, membuat pinggan, membuat lukisan di dinding gua. dan Juga kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan secara metodologis dengan cara menggunakan metode arkeologi dan ilmu alam seperti geologi dan biologi. 

3.
Indonesia mengakhiri zaman praaksara Indonesia mengakhiri zaman praaaksara lebih lambat dibandingkan bangsa Mesir sesuai Prasasti peninggalan Kerajaan Kutai karena peradaban bangsa Mesir yang jauh lebih maju daripada Indonesia dan struktur geografis Mesir memusat di satu daratan saja, dibandingkan Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan yang menyebabkan sulitnya perkembangan peradaban di Indonesia.
2 5 2