1. Tentukan beda dan suku ke-10 Dari barisan berikut
1/2 , 1/5 , 3/10, .....

2. Tentukan rumus ke-n dari setiap barisan bilangan berikut.
16 , 32 , 64 , 128 , ....

3. Carilah suku ke-n deret aritmetika jika diketahui suku pertama(a) dan beda(b) berikut
a = 2, b = 9 , dan n = 15

4. Tulislah lima suku pertama dari barisan yang suku ke-n nya dinyatakan dengan rumus berikut. 2n + 1

5.Berapakah jumlah dua belas suku pertama deret berikut .
32 + 16 + 8 + ....

Yang Pintar dan Baik tolong bantuin ya menjawab soal ini.
dan sebelumnya aku ucap terima kasih untuk yang mau menjawab.
kalau bisa pakai jalannya ya :)

2

Jawabanmu

2014-02-11T19:28:33+07:00
Untuk yang no. 5 Sn = 1/2n(2a+(n-1)b) S12 = 1/2.12(2.32 + (12-1) -16) S12 = 6 (64 + 11.-16) S12 = 6 (64 + (-176)) S12 = 6.-112 S12 = -672 maaf kalo salah, semoga berguna :)
Terima kasih ya :)
Nomor 5 itu Geometri, bukan Aritmetika
Jawaban paling cerdas!
2014-02-11T19:45:31+07:00
Soal 1 Error \\ Soal 2 : \\ r = U_2 / U_1 = 32 / 16 = 2 \\ U_n = ar^{n-1} = 16(2)^{n - 1} = (2)^4(2)^{n - 1} = (2)^{3 + n} \\ Soal 3 : \\ U_n = a + (n - 1)b = 2 + (15 - 1)9 = 2 + 14(9) = 2 + 126 = 128 \\ Soal 4 : \\ U_1 = 2(1) + 1 = 2 + 1 = 3 \\ U_2 = 2(2) + 1 = 4 + 1 = 5 \\ U_3 = 2(3) + 1 = 6 + 1 = 7 \\ U_4 = 2(4) + 1 = 8 + 1 = 9 \\ U_5 = 2(5) + 1 = 10 + 1 = 11 \\ Soal 5 :S_{12} = \frac{a(r^n - 1)}{r - 1} = \frac{32((\frac{1}{2})^{12} - 1)}{\frac{1}{2} - 1} = \frac{32(-\frac{4095}{4096})}{-\frac{1}{2}} = \frac{4095}{64}
masih nggak ada b-nya
bukannya bedanya itu jadi -6 ya ?
Rumus menentukan ada tidaknya beda / barisan aritmetika diperlukan rumus U_3 - U_2 = U_2 - U_1 . Jika rumus tersebut benar maka itu adalah barisan aritmetika dan terdapat beda di barisan tersebut
Tau soal nih gak?
Tentukan 4suku berikut dari barisan: -6 , -3 , 0 , 3