Jawabanmu

2014-08-18T13:13:47+07:00
keberadaan 2 musim di indonesia sangat berhubungan dengan letak indonesia,yaitu terletak di antara dua Benua yakni benua asia dan benua australia dan berada di antara samudra hindia dan samudra pasifik,sehingga musim di indonesia sangat dipengaruhi oleh angin monsun,(udara selalu menuju ke tempat yang panas)

berikut penjelasannya :
1. Terjadinya musim kemarau
hal ini karena daratan asia lebih panas daripada australia,sehingga angin bergerak menuju benua asia,karna samudra hindia kecil,angin yang membawa uap air tidak sampai jatuh ke indonesia

2. terjadinya musim hujan
hal ini karena daratan australia lebih panas daripada asia,sehingga angin bergerak menuju australia melalui samudra pasifik yang luas,sehingga membawa uap air yang banyak,ketika angin ini bergerak ke australia dan melalui indonesia, uap air jatuh di daratan indonesia dan mengakibatkan musim hujan.
sedangkan Pulau Jawa umumnya memiliki banyak gunung vulkanik yang aktif. Saat gunung tsb meletus, maka gunung tsb akan mengeluarkan materi letusan yang mengandung banyak zat hara. Oleh karena itu tanah di Pulau Jawa sangat subur dan tanahnya cocok untuk pertanian.
1 4 1