Jawabanmu

2014-09-02T14:11:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
PEMBELAJARAN apresiasi seni sering terjebak pada proses yang kaku dan terlalu teoritis. Guru sering menuntut siswa untuk menghafalkan beragam teori. Pem­be­lajaran dengan pendekatan seperti ini telah me­ngaburkan makna pembelajaran apresiasi seni.Tanpa mengabaikan hal yang bersifat teoritis, sejatinya pembelajaran apresiasi seni bertujuan untuk memupuk sensitivitas siswa terhadap gejala-gejala estetika dengan memahami seluk-beluk karya seni, yang pada akhirnya diharapkan tumbuh kesadaran siswa untuk menghargai karya budaya bangsa.Melihat kenyataan di atas, maka perlu adanya pendekatan yang tepat agar pembelejaran apre­siasi tidak melenceng dari tujuannya. Pen­dekatan saintifik yang menjadi ciri dalam Kuriku­lum 2013 ini menjadi harapan un­tuk mengatasi permasalahan di atas.Pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran dicirikan oleh adanya lima pengalaman belajar yaitu mengamati, mena­nya, mengumpul­kan informasi, mengasosiasi, serta mengomunikasikan.Dalam pembelajaran apresiasi seni, pendekatan saintifik dapat dilakukan melalui kegiatan observasi partisipasif (participant observation) dengan langkah-langkah sebagai berikut.Pertama, guru memberikan ke­sempatan kepada siswa untuk mengamati beragam karya seni melalaui penayangan video, melalui bacaan, atau melalui contoh langsung. Langkah kedua adalah membuka kesempatan kepada siswa untuk mencari permasalahan atas karya seni yang telah diamati.Permasalahan kemudian dirumuskan. Misalnya, bagaimana proses pembuatan gerabah di Dusun Sambirata. Apa yang melatarbelakangi penciptaan gerabah.Setelah rumusan masalah disusun, guru membimbing siswa mengembangkan pertanyaan yang nanti menjadi dasar bagi siswa untuk mencari informasi atau penjelasan guna menjawab permasalahan pokok secara rinci.Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dikembangkan lagi sesuai dengan permasalahan baru yang muncul ketika siswa menggali informasi.MengarahkanLangkah ketiga adalah menga­rahkan dan membimbing siswa mela­ku­kan observasi partisipatif. Artinya, siswa terlibat dalam kegiatan yang dilakukan oleh para pengrajin.De­ngan partisipasi, siswa lebih bisa me­rasakan dan menghayati fenomena yang sedang digali, tahu tentang proses dan seluk-beluk yang me­latar­belakangi karya seni serta merasakan jerih payah para pengrajin.Langkah keempat, dengan bekal informasi yang telah digali, siswa didorong untuk menemukan hu­bungan antara informasi yang satu dengan informasi yang lainnya.Langkah terakhir adalah mengomunikasikan hasil kerjanya secara tertulis dan lisan.Kegiatan ini diakhiri dengan presentasi dan diskusi hasil observasi
16 3 16
sebutkan prosedur kegiatan apresiasi !