Sebuah sumber bunyi dengan frekuensi 640 Hz bergerak mendekati seorang pengamat dengan kecepatan 20 m/s. Jika cepat rambat bunyi di urdara sebesar 340 m/s dan pengamat bergerak menjauhi searah sumber bunyi dengan kecepatan 10 m/s, maka frekuensi bunyi yang didengar oleh pangamat adalah

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-11T18:10:49+07:00
Dik: fs=640 Hz vs (sumber bunyi mendekati pengamat jadi (-))=-20m/s v=340 m/s vp (pengamat menjauhi sumber bunyi (-))=-10 m/s Dit: fp=.......? rumus: fp= (v-vp) / (v-vs) ×fs fp= (340m/s -10m/s) / (340m/s -20m/s) × 640 Hz fp= 330m/s / 320m/s × 640 Hz fp= 211200m/s.Hz / 320 m/s fp= 660 Hz
7 3 7
2014-02-11T22:15:41+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ini merupakan pertanyaan dari efek Doppler 
Efek doppler sebenarnya adalah perbandingan antara frekuensi dan kecepatan. Tidak usah mengafalkan syarata vp dan vs, cukup gambarkan kondisi soal, dengan ctatan pendengar harus disebelah kiri. Lalu lihat arah pergerannya, ke kanan berarti positif. (Anang, 2012)

Kondisi nya adalah 

<-- P    <--- S 
Perhatikan arah gerak pengamat dan sumber bunyi ke kiri, maka nilai kecepatan pengamat dan sumber bunyi kita tulis dengan tanda negatif 

f_p =  \frac{v-v_p}{v-v_s}f_s
f_p = (\frac{340-10}{340-20})*640 = 660Hz
1 2 1