Jawabanmu

2014-08-17T20:06:56+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kayaknya sih yaa entah bener apa engga, itu proses pembuatan materi, pencarian materi, dan segala macem. jadikan di bhs indonesia itu banyak ngarangnya yaa entah itu cerpen, segala macem bentuk teks dan apapun. Jadi, mungkin itu yg dimaksud, pas kita bikin materi buat kayak ide2 pokok gitu :)
Proses material itu adalah salah satu jenis verba yang menggambarkan bahwa (pelaku/partisipan) dalam cerita melakukan sesuatu. Di dalam teks anekdot terdapat pelaku. Apa yang dilakukan oleh pelaku biasanya dituangkan penulis dalam bentuk penggunaan verba. Nah, verba yang menerangkan apa yang dilakukan pelaku itu disebut verba proses material (VPM). Contoh: bertanya, meminta, menjawab, dll. Jadi, VPM berkaitan dengan verba pendeskripsi karakter tokoh dilihat dari apa yang dilakukan tokoh. Salam.
Selain verba proses material, dalam analisis kebahasaan terhadap teks sastra, terdapat verba lainnya seperti verba proses mental, verba proses relasional, verba proses behavioral, verba proses verbal, dan verba proses eksistensional.