Jawabanmu

2014-02-11T16:18:20+07:00
Dulu Lamongan merupakan Pintu Gerbang ke Kerajaan Kahuripan, Kerajaan Panjalu, Kerajaan Jenggala, Kerajaan Singosari atau Kerajaan Mojopahit, berada di Ujung Galuh, Canggu dan kambang Putih ( Tuban). Setelah itu tumbuh pelabuhan Sedayu Lawas dan Gujaratan (Gresik), merupakan daerah amat ramai , sebagai penyambung hubungan dengan Kerajaan luar Jawa bahkan luar Negeri.Zaman Kerajaan Medang Kamulan di Jawa Timur, Di Lamongan berkembang Kerajaan kecil Malawapati ( kini dusun Melawan desa Kedung Wangi kecamatan Sambeng ) dipimpin Raja Agung Angling darma dibantu Patih Sakti Batik Maadrim termasuk kawasan Bojonegoro kuno. Saat ini masih tersimpan dengan baik, Sumping dan Baju Anglingdarma didusun tersebut. Di sebelah barat berdiri Kerajaan Rajekwesi di dekat kota Bojonegoro sekarang.Pada waktu Kerajaan Majapahit dipimpin Raja Hayam Wuruk (1350 -1389) kawasan kanan kiri Bengawan Solo menjadi daerah Pardikan. Merupakan daerah penyangga ekonomi Mojopahit dan jalan menuju pelabuhan Kambang Putih. Wilayah ini disebut Daerah Swatantra Pamotan dibawah kendali Bhre Pamotan atau Sri Baduga Bhrameswara paman Raja Hayam Wuruk ( Petilasan desa Pamotan kecamatan Sambeng ), sebelumnya. Di bawah kendali Bhre Wengker ( Ponorogo ). Daerah swatantra Pamotan meliputi 3 kawasan pemerintahan Akuwu , meliputi Daerah Biluluk (Bluluk) Daerah Tenggulunan (Tenggulun Solokuro) , dan daerah Pepadhangan (Padangan Bojonegoro).Menurut buku Negara Kertagama telah berdiri pusat pengkaderan para cantrik yang mondok di Wonosrama Budha Syiwa bertempat di Balwa (desa Blawi Karangbinangun) , di Pacira ( Sendang Duwur Paciran), di Klupang (Lopang Kembangbahu) dan di Luwansa ( desa Lawak Ngimbang). Desa Babat kecamatan Babat ditengarahi terjadi perang Bubat, sebab saat itu babat salah satu tempat penyeberangan diantar 42 temapt sepanjang aliran bengawan Solo. Berita ini terdapat dalam Prasasti Biluluk yang tersimpan di Musium Gajah Jakarta, berupa lempengan tembaga serta 39 gurit di Lamongan yang tersebar di Pegunungan Kendeng bagian Timur dan beberapa temapt lainnya.
secara lenkap aku liat di link ini :http://lamongansatu.blogspot.com/2013/01/sejarah-singkat-kota-lamongan.html
http://lamongansatu.blogspot.com/2013/01/sejarah-singkat-kota-lamongan.html
Jawaban paling cerdas!
2014-02-11T16:22:09+07:00
Rangga Hadi melewati kali Lamong ,sampai di kenduruan, oleh masyarakat di daerah tersebut . Rangga Hadi diberi sebutan Mbah Lamong. karena pandai ngemong (mendidik) masyarakatnyaa. Karena nama beliau begitu mansyur maka orang2 menyebut daerah tersebut dg nama beliau . dan lama kelamaan menjadi sebutan Lamongan


secara singkat rangga hadi itu siapa?
Rangga Hadi itu dulunya bernama Tumenggung Surajaya dikala muda bernama Hadi . Beliau pernah ditunjuk oleh Sunan Giri untuk menyebarkan agama islam dan mengatur pemerintah di masyarakatnya . sejak itu Sunan giri memberi gelar Rangga kepada Hadi . Nahh , mulai saat itu ia di panggil Rangga Hadi