Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-11T16:11:27+07:00
Persatuan bangsa yg mendiami wilayah Indonesia
2 5 2
  • d1k4
  • Gemar Membantu
2014-02-11T16:13:29+07:00
Persatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah.
Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia diwujudkan dalam semboyan pada lambang Negara Republik Indonesia yaitu ”BHINNEKA TUNGGAL IKA” yang keberadaannya berdasarkan pada PP No. 66 Tahun 1951, mengandung arti beraneka tetapi satu (Ensiklopedia Umum, 1977).  Semboyan tersebut menurut Supomo, menggambarkan gagasan dasar yaitu menghubungkan daerah-daerah dan suku-suku bangsa di seluruh Nusantara menjadi Kesatuan Raya (ST Munadjat D, 1928). Lengkapnya Bhinneka Tunggal Ika berbunyi  Bhinneka Tunggal Ika Tanhana Dharmma Mangrva.  Hal tersebut merupakan kondisi dan tujuan kehidupan yang ideal dalam lingkungan masyarakat yang serba majemuk.
Persatuan/kesatuan mengandung arti “bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.”Persatuan Bangsa Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia.
Persatuan itu didorong untuk mencapai kehidupan yang bebas dalam wadah negara yang merdeka dan berdaulat.
 Tiga aspek dari Persatuan Indonesia :
1.      Aspek Satu Nusa
2.      Aspek Satu Bangsa
3.      Aspek Satu Bahasa