Umumnya bakteri berukuran 0,5-10 µ sehingga dapat dilihat dengan mikroskop biasa sedangkan virus umumnya berukuran 0,01-0,1 µ yang membuatnya hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron. jadi lebih panjag bakteri

Jawabanmu

2014-08-17T18:39:33+07:00
Lebih panjang bakteri
Kenapa.?
Umumnya bakteri berukuran 0,5-10 µ sehingga dapat dilihat dengan mikroskop biasa sedangkan virus umumnya berukuran 0,01-0,1 µ yang membuatnya hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron.
2014-08-17T18:40:36+07:00
Perbedaan virus dan bakteri yang paling prinsip ada empat, dimana yang pertama adalah bakteri merupakan organisme yang hidup dan dapat kita temukan dimana-mana sedangkan virus merupakan mikro organisme parasit yang hidupnya menumpang di sel induk tempat dia menetap dan tumbuh berkembang biak.

Perbedaan virus dan bakteri yang kedua adalah dimana bakteri memiliki kemampuan untuk dapat mengembangbiakkan dirinya sendiri. 

Hal ini dapat dilakukan oleh bakteri karena mereka merupakan bagian dari sel yang cukup kompleks sehingga bisa melakukan proses berkembang biak secara mandiri. Berbeda denga virus yang harus membutuhkan bantuan dari sel induk tempat dia tinggal dan juga membutuhkan kita untuk dapat menularkannya melalui kontak tangan, kontak mulut, maupun melalui kontak lainnya.

Perbedaan virus dan bakteri ketiga adalah dimana bakteri tidak hanya merugikan tetapi juga dibutuhkan kita sebagai manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bakteri dibutuhkan manusia untuk membantu dalam proses pencernaan makanan dan bahkan dapat menambahkan nutrisi-nutrisi yang kita perlukan ke dalam makanan kita. Dalam kasus-kasus tertentu bakteri baik juga dapat menyingkirkan bakteri jahat yang ada didalam makanan sebelum kita memakan makanan tersebut.