Jawabanmu

2014-08-17T18:31:14+07:00
Besaran pokok adalah besaran yang terdaftar dalam satuan internasional
sedangkan besaran turunan adalah besaran yang tidak terdapat dalam satuan internasional
besaran pokok dan besaran turunan sama-sama terdapat dalam satuan internasional, sistem internasional merupakan suatu pengembangan sistem metrik.
2014-08-17T18:40:46+07:00
- besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. macam2 besaran pokok yaitu panjang(m), massa(kg), waktu(s), suhu(K), kuat arus(A), intensitas cahaya(cd), jumlah zat(mol)
- besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari satuan-satuan besaran pokok. macam2 besaran turunan yaitu luas(m²), volume(m³), kecepatan(m/s), gaya(N), massa jenis(kg/m³), daya(W), usaha(J)



untuk besaran pokok dapat didefinisikan juga besaran yang berdiri sendiri dan untuk macam-macamnya sudah benar. untuk besaran turunan dapat didefinisikan besaran dari gabungan besaran pokok. untuk macam-macamnya ada banyak seperti gaya, energi, percepatan, dll.
besaran pokok adalah besaran yang berasal dari besarannya sendiri sedangkan besaran turunan adalah besaran yang berasal dari turunan besaran pokok