Jawabanmu

2014-02-11T11:08:22+07:00
1. Peradilan nasional merupakan suatu sistem kelembagaan dalam menyelesaikan suatu sengketa melalui lembaga peradilan.
Macam-Macam Lembaga Peradilan 1. Mahkamah Agung (MA) Mahkamah Agung adalah pengadilan negara tertinggi dari semua lingkungan peradilan, yang dalam melaksanakan tugasnya terlepas dari pengaruh pemerintah dan pengaruh-pengaruh yang lain. 2. Mahkamah Konstitusi (MK) Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu lembaga Negara yang melakukan kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan. (UU No. 4 Tahun 2003) 3. Komisi Yudisial (KY) Menurut UU No. 22 Tahun 2004, Komisi Yudisial merupakan lembaga Negara yang bersifat mandiri dan dalam pelaksanaan wewenangnya bebas dari campur tangan atau pengaruh kekuasaan lain. 4. Peradilan Umum UU No. 2 Tahun 1986 Tentang Peradilan Umum telah diubah dengan UU No. 8 Tahun 2004. Peradilan umum merupakan salah satu pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat mencari keadilan pada umumnya. a. Pengadilan Negeri Menurut UU No. 2 Tahun 1986 Tentang Peradilan Umum bahwa Pengadilan Negeri merupakan organ kekuasaan kehakiman dalam lingkungan peradilan umum yang berkedudukan di ibu kota kabupaten atau kota dan memiliki daerah hukum mencakup wilayah kabupaten atau kota tersebut. b. Pengadilan Tinggi Pengadilan Tinggi merupakan organ kekuasaan kehakiman dalam lingkungan peradilan umum yang berkedudukan di ibu kota provinsi dan memiliki daerah hukum mencakup wilayah provinsi. 5. Pengadilan Agama        Dalam UU No.7 Tahun 1989 tentang  peradilan agama,di kemukakan bahwa pengadilan agama merupakan pengadilan yang di peruntukan bagi orang-orang yang beragama islam. 6. Peradilan Tata Usaha Negara  UU No.5 tahun 1986 telah diubah dengan UU No.9 Tahun 2004 tentang peradilan tata usaha Negara.Peradilan tata usaha Negara (PTUN) adalah suatu pelaksana kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan terhadap sengketa-sengketa tata usaha Negara (pasal 4 UU No.5 Tahun 1986). 7. Pengadilan Militer
Pengadilan militer diatur dalam UU No.31 Tahun 1997.Pengadilan militer merupakan badan pelaksana kekuasaan peradilan.Dibawah Mahkamah agung di lingkungan militer.

3 5 3
2014-02-11T12:43:40+07:00
Pengertian peradilan nasional adalah segala sesuatu mengenai perkara pengadilan yang bersifat kebangsaan atau seegala sesuatu mengenai perkara pengadilan yang meliputi suatu bangsa, dalam hal ini adalah bangsa Indonesia. Dengan demikian, yang dimaksud peradilan nasional adalah sistem hukum Indonesia dan peradilan Negara Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, yaitu sistem hukum dan peradilan nasional yang berdasarkan nilai-nilai dari sila- sila Pancasila yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, yang ber- Kemanusiaan yang adil dan beradab, yang ber-Persatuan Indonesia, yang ber-Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, serta yang ber-Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Peradilan nasional berdasarkan pada pasal 24 dan Pasal 25 UUD 1945. Untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum keadilan dibentuk kekuasaan kehakiman yang merdeka. Dalam hal ini dipegang oleh sebuah Mahkamah Agung dan badan peradilan lain yang berada dibawahnya dalam lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan militer, lingkungan peradilan tata usaha Negara, dan oleh sebuah Mahkamah Konstitusi.
2 4 2