Jawabanmu

2014-08-17T16:08:03+07:00
Geografi merupakan dasar mengkaji dan mengungkapkan gejala geografi yang ada di permukaan bumi. secara teoritis, prinsip-prinsip geografi yaitu sebagai berikut :

 
1. Prinsip Penyebaran
Prinsip Penyebaran dapat digunakan untuk menggambarkan gejala dan fakta-fakta geografi dalam sebuah peta serta untuk mengungkapkan hubungan antara gejala geografi yang satu dengan yang lain. Hal tersebut disebabkan karena penyebaran gejala dan fakta geografi tidak merata, antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain.

2. Prinsip Interrelasi

Prinsip Interrelasi digunakan untuk menganalisis hubungan antara gejala fisk dan non-fisik. Prinsip ini juga dapat mengungkap gejala atau fakta geografi di suatu wilayah tertentu.

3. Prinsip Deskripsi

Prinsip ini digunakan untuk memberikan gambaran-gambaran lebih jauh tentang gejala dan masalah geografi yang dianalisis Prinsip ini tidak hanya menampilkan deskripsi dalam bentuk peta, tetapi juga dalam bentuk diagram, maupun tabel.

4. Prinsip Korologi
 Dengan prinsip korologi dapat dianalisis gejala, fakta, dan masalah geografi yang ditinjau dari penyebaran, interrelasi, dan interaksinya dalam ruangan.

Objek kajian geografi pada dasarnya terbagi dua, yaitu objek material berupa fenomena geosfer yang terdiri dari beberapa lapisan, yaitu litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosferm dan antroposfer. Sedangkan objek formalnya berkaitan dengan cara pandang terhadap suatu gejala keruangan di muka bumi.

2014-08-17T16:09:59+07:00
Geografi merupakan ilmu yg mempelajari interaksi di antara manusia dan lingkungan.
Objek kajian nya:
a. Objek material
b. Objek Formal

Prinsip geografi :
1. Prinsip Deskripsi
2. Prinsip Persebaran
3. Prinsip interelasi
4. Prinsip korologi