Jawabanmu

2014-08-17T15:04:26+07:00
Karena gas yang berisi di dalamnya memiliki masa jenis yang sangat ringan
rumusnya kak?
kalo rumus tinggal bandingin masa jenis benda 1 dan 2
kalo rumus tekanan?
Jawaban paling cerdas!
2014-08-17T15:32:00+07:00
balon dapat terbang di udara karena terisi dengan gas helium atau hidrogen yang mana masa jenisnya lebih ringan daripada massa jenis jenis udara itu terjadi jika pada balon karet bias. jika pada Balon yang memiliki awak yang akan menerbangkan balonnya maka ia harus menambahkan udara panas,yakni helium atau hidrogen ke dalam balon. prinsip kerjanya sendiri memanfaatkan Perbedaan berat udara dengan jalan memanaskannya. Untuk terbang udara di dalam envelope di panaskan dengan burner dengan temperature sekitar 100 derajat Celcius. Udara panas ini akan terperangkap di dalam envelope. Karena udara panas ini masa per unit volumenya lebih sedikit membuatnya lebih ringan sehingga balon udara pun akan bergerak naik di dorong oleh udara yang bertekanan lebih kuat. Untuk mendarat, udara didinginkan dengan cara mengecilkan burner . Udara yang mulai mendingin di dalam envelope membuat balon bergerak turun. Untuk mempercepatnya, pilot akan membuka katup parasut (parachute valve) sehingga udara di dalam envelope lebih cepat dingin.

jika dijelaskan secara fisika balon udara ini  terdapat hukum dan teori yang digunakan yaitu1) Hukum Archimedes, 2) Hukum III Newton, 3) Teori Kinetik Gas.

a Hukum Archimedes
Dalam Balon udara naik atau turun sebenarnya  mengikuti hukum Archimedes. Dimana Hukum Archimedes mengatakan bahwa “Benda di dalam zat cair akan mengurangi berat sebesar berat zat cair yang dipindahkan”. Hukum archimedes ini berlaku untuk semua fluida. Persamaan rumusnya adalah :

           Fa = ρƒ . Vbƒ . g


dimana:
Fa           = gaya angkat ke atas pada benda  / gaya apung (N)
ρƒ           = massa jenis udara (kg/m­­3)
Vbƒ        = volume udara yang terdesak (m3)
g             = percepatan gravitasi bumi (m/s2)


Aplikasi hukum archimedes ini digunakan pada  balon udara untuk naik dan turun. sepertii: gaya apung yang diterima oleh suatu benda yang melayang di suatu fluida sama dengan berat fluida yang dipindahkannya.

1.     Saat  menaikkan balon udara
Fa > berat total balon


persamaan Fa = ρƒ . Vbƒ . g, maka yang bisa dirubah adalah Vbƒ karna massa jenis udara ( ρƒ ) dan percepatan gravitasi (g)  adalah konstan. Merubah Vbƒ dengan cara mengisi balon sehingga berat udara yang dipindahkan lebih berat dari berat balon. Untuk mencapai hal tersebut, prinsip kimia mengajarkan  tentang mengisi balon dengan gas yang massa molekulnya lebih kecil dari massa rata-rata di udara atau dengan gas panas. Tidak semua gas dapat  memenuhi persyaratan tersebut apalagi jika ada pertimbangan harga dan keselamatan. Beberapa di antaranya adalah gas Hidrogen (H2) dan Helium (He). Sehingga saat gaya apung (Fa) sudah lebih berat daripada berat total balon (berat balon dan muatan) sehingga balon mulai bergerak naik.


 2.   Saat  menurunkan balon udara
Fa < berat total balon
          
persamaan
Fa = ρƒ . Vbƒ . g, maka yang bisa dirubah adalah Vbƒ karena massa jenis udara ( ρƒ ) dan percepatan gravitasi (g)  adalah konstan. Untuk menurunkan balon dengan cara mengurangi volume udara yang ada pada balon, sehingga saat gaya apung (Fa) lebih kecil daripada berat balon, dan berat balon bergerak turun.



thanks banget kak , ini yang aku butuhin banget ... (y)