Jawabanmu

2014-02-10T22:39:42+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pelapukan fisik adalah suatu proses yang menyebabkan terjadinya disintegrasi formasi bebatuan tanpa mengubah struktur kimia di dalamnya. Umumnya disebabkan oleh berbagai aktivitas fisik, seperti adanya gaya dan panas, namun tidak menampik adanya kemungkinan proses lain seperti karena cahaya, listrik, dan radiasi elektromagnetik. Abrasi, erosi, dan pengikisan itu adalah pelapukan fisik diakibatkan oleh adanya gaya. Penyinaran oleh matahari juga dapat menyebabkan bebatuan lapuk, yang dikategorikan pelapukan fisik oleh panas. Hancurnya bebatuan karena suhu yang dingin juga dikategorikan pelapukan termal; pelapukan fisik akibat perubahan panas. Oleh listrik misalnya petir. Oleh radiasi elektromagnetik sangat jarang terjadi di bumi, lebih sering terjadi di luar angkasa di mana benda langit banyak dikikis secara perlahan-lahan oleh radiasi bintang-bintang (matahari juga bintang).
 


Pelapukan biologi sebenarnya tidak dikategorikan, karena jika diteliti lebih dalam, pelapukan biologi sesungguhnya adalah pelapukan fisik dan kimia. Disebut pelapukan fisik jika proses fisik tumbuhan, mislanya gerakan akar yang menembus ke dalam bebatuan, maka itu dikategorikan sebagai pelapukan fisik. Disebut pelapukan kimia jika tanaman menghasilkan substansi atau zat yang dapat menyebabkan bebatuan melapuk, misalnya liken yang melapukkan bebatuan untuk memperoleh nutrisi. Pelapukan biologi, dalam text book biologi yang lama, dikategorikan tersendiri karena dilakukan oleh makhluk hidup, di mana kategori pelapukan lainnya tidak. Namun jika dilihat lebih dalam, sesungguhnya itu adalah pelapukan kimia dan fisik.


semoga membantu :) 
12 4 12
Jawaban paling cerdas!
2014-02-10T22:40:41+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pelapukan Biologi atau Organik 
merupakan pelapukan yang disebabkan oleh makhluk hidup. 

Penyebabnya adalah proses organisme yaitu binatang, tumbuhan dan manusia. 
1. Binatang yang dapat melakukan pelapukan antara lain cacing tanah, serangga. 
2. Pengaruh yang disebabkan oleh tumbuhan ini dapat bersifat mekanik atau kimiawi. 
* Pengaruh sifat mekanik yaitu berkembangnya akar tumbuh-tumbuhan 
di dalam tanah yang dapat merusak tanah disekitarnya. 
* Pengaruh zat kimiawi yaitu berupa zat asam yang dikeluarkan oleh akar- 
akar serat makanan menghisap garam makanan dapat merusak batuan. 
3. Manusia juga berperan dalam pelapukan melalui aktifitas penebangan 
pohon, pembangunan maupun penambangan. 

Pelapukan Fisika atau Mekanik 

merupakan pelapukan yang disebabkan oleh proses fisika . 
Pada proses ini batuan akan mengalami perubahan fisik baik bentuk maupun 
ukurannya. 
Pelapukan ini di sebut juga pelapukan mekanik sebab prosesnya berlangsung 
secara mekanik. 

Penyebab terjadinya pelapukan mekanik yaitu: 
1. Adanya perbedaan temperatur yang tinggi. 
Pelapukan ini terutama terjadi di daerah yang beriklim kontinental atau 
beriklim gurun. Pada siang hari bersuhu panas maka batuan menjadi 
mengembang, pada malam hari saat udara menjadi dingin, batuan 
mengerut, hal ini dapat mengakibatkan batuan pecah atau retak-retak. 

2. Adapun pembekuan air di dalam batuan. 
Pelapukan ini terjadi di daerah yang beriklim sedang. Jika air membeku 
maka volumenya akan mengembang dan menyebabkan tekanan, karena 
tekanan ini batu- batuan menjadi rusak atau pecah. 

3. Berubahnya air garam menjadi kristal. 
Pelapukan ini terjadi di daerah pantai. Jika air tanah mengandung garam, 
maka pada siang hari airnya menguap dan garam akan mengkristal, kristal 
garam ini yang merusak batuan. 
21 3 21