Jawabanmu

2014-08-17T13:48:31+07:00
Iklim junhunh merupakan iklim yang dicetuskan oleh Franz Wilhem Junghuhn seorang berkebangsaan Jerman mengklasifikasikan iklim di Indonesia berdasarkan ketinggian dan jenis vegetasi yang tumbuh di daerah tersebut
 Menurut Junghuhn klasifikasi daerah iklim dapat dibedakan sebagai berikut
1. Daerah panas/tropis
Ketinggian tempat antara 0 – 600 m dari permukaan laut. Suhu 26,3° – 22°C. Tanamannya seperti padi, jagung, kopi, tembakau, tebu, karet, kelapa, dan cokelat.
2. Daerah sedang
Ketinggian tempat 600 – 1500 m dari permukaan laut. Suhu 22° -17,1°C. Tanamannya seperti padi, tembakau, teh, kopi, cokelat, kina, dan sayur-sayuran.
3. Daerah sejuk
Ketinggian tempat 1500 – 2500 m dari permukaan laut. Suhu 17,1° – 11,1°C. Tanamannya seperti teh, kopi, kina, dan sayur-sayuran.
4. Daerah dingin
Ketinggian tempat lebih dari 2500 m dari permukaan laut. Suhu 11,1° – 6,2°C. Tanamannya tidak ada tanaman budidaya kecuali sejenis lumut.


untuk iklim koppen  melakukan  pembagian daerah iklim berdasarkan temperatur dan hujan. Menurut keadaan temperatur dan curah hujannya, permukaan dibagi menjadi beberapa daerah iklim.


2 5 2
Jawaban paling cerdas!
2014-08-17T14:18:59+07:00
Iklim KoppenWladimir Koppen seorang ahli berkebangsaan Jerman membagi iklim berdasarkan curah hujan dan temperatur menjadi lima tipe iklim :Gambar : Iklim KoppenIklim A, yaitu iklim hujan tropis, dengan ciri temperatur bulanan rata-rata lebih dari 18 oC, suhu tahunan 20 oC – 25 oC dengan curah hujan bulanan lebih dari 60 mm.
Iklim B, yaitu iklim kering/gurun
Dengan ciri curah hujan lebih kecil daripada penguapan, daerah ini terbagi menjadi Iklim stepa dan gurun.
Iklim C, yaitu iklim sedang basah
Dengan ciri temperatur bulan terdingin -3 oC - 18 oC, daerah ini terbagai menjadi :
Cs  (iklim sedang laut dengan musim panas yang kering)
Cw (iklim sedang laut dengan musim dingin yang kering)
Cf  (iklim sedang darat dengan hujan dalam semua bulan)
Iklim D, yaitu iklim dingin 
Dengan ciri temperatur  bulan terdingin kurang dari 3 oC dan temperatur bulan terpanas lebih dari 10 oC, daerah ini terbagi menjadi Dw, Df 

Dw adalah iklim sedang (darat) dengan musim dingin yang  kering

Df adalah iklim sedang (darat) dengan musim dingin yang lembab.
Iklim E, yaitu iklim kutub.
Dengan ciri bulan terpanas temperaturnya kurang dari 10 oC Daerah ini terbagi menjadi : 

ET Iklim tundra

DF Iklim salju
musim adalah peristiwa yang terjadi setiap tahun ketika kondisi cuaca sedang terjadi dalam wilayah tertentu dan dalam jarak tertentu. dan ada 4 metode untuk membagi musim yaitu :
1. metode astronomi
2. metode meteorologi
3. metode fenologi
4. metode tradisional asia?irlandia

3 5 3