Coba tuliskan jenis tumbuhan yang bergerak:
1.Niktinasti:
2.Fotonasti:
3.Termonasti:
4.Tigmonasti:
5.Nasti kompleks:
6.Kemotaksis:
7.Fototaksis:
8.Geotropisme:
9.Hidrotropisme:
10.Tigmotropisme:
11.Fototropisme:
12.Kemotropisme

2

Jawabanmu

2014-08-17T12:19:22+07:00
1. leguminosae
2. Bunga pukul 4
3. bunga tulip
4. putri malu
5. tumbuhan yang memiliki stomata
6. Archegonium
7. bunga matahari
8. pertumbuhan akar tanaman
9. pertumbuhan ujung akar tanaman
10. Markisa
11. tunas dan kecambah
12. penyerbukan tumbuhan
Jawaban paling cerdas!
2014-08-17T12:34:51+07:00
1. Niktinasti / Niktisasi ialah gerak akibat rangsang gelap.
contoh : mengatupnya daun lamtoro pada malam hari.
2. Fotonasti ialah gerak karena rangsang cahaya.
contoh : mekarnya bunga sepatu pada siang hari.
3. termonasti ialah gerak akibat adanya rangsang suhu.
contoh : mekarnya bunga tulip karena suhu tertentu.
4. Tigmonasti / sismonasti ialah gerak akibat adanya sentuhan atau getaran.
contoh : mengatupnya daun putri malu bila disentuh.
5. Nasti kompleks ialah gerak akibat rangsangan lebih dari satu macam.
contoh : gerak membuka dan menutup pada stomata.
6. Kemotaksis ialah gerak seluruh tubuh karena rangsang zat kimia.
contoh : gerak bakteri engelman menuju kloroplas.
7. Fotaksis ialah gerak seluruh tubuh tumbuhan karena rangsang cahaya.
contoh : gerak spora kembar menuju tempat terang.
8. Geotropisme ialah gerak sebagian tubuh tumbuhan yang berupa gaya tarik bumi..
contoh : ujung akar tumbuh ke bawah.
9. Hidrotropisme ialah gerak sebagian tubuh tumbuhan yang rangsangnya berupa akar.
contoh : gerak tumbuhan akar ke tempat berair.
10. Tigmotropisme ialah gerak sebagian tubuh tumbuhan yang rangsangnya berupa persinggungan.
contoh :gerak membelit sulut pada tanaman cucurbita.
11. Fototropisme / hebotropisme ialah gerak sebagian tumbuhan karena rangsang cahaya matahari.
contoh : ujung batang tumbuhan berjalan menuju cahaya.
12. Kemotropisme ialah gerak bagian tumbuhan karena rangsang zat kimia.
contoh : gerak akar menuju zat dalam tanah.

itu sih yang aku tahu menurut catatan pelajaran IPA aku di SMP Negeri 88 Jakarta ...

Semoga Membantu ;)

2 3 2