Jawabanmu

2014-08-17T12:23:55+07:00
Niktinasti, fotonasti, termonasti, tigmonasti, nasti kompleks
Kemotaksis, fototaksis
Geotropisme, hidrotropisme, tigmotropisme, fototropisme, kemotropisme
1 2 1
Jawaban paling cerdas!
2014-08-17T13:04:42+07:00
1. Niktinasti / Niktisasi ialah gerak akibat rangsang gelap.
contoh : mengatupnya daun lamtoro pada malam hari.
2. Fotonasti ialah gerak karena rangsang cahaya.
contoh : mekarnya bunga sepatu pada siang hari.
3. termonasti ialah gerak akibat adanya rangsang suhu.
contoh : mekarnya bunga tulip karena suhu tertentu.
4. Tigmonasti / sismonasti ialah gerak akibat adanya sentuhan atau getaran.
contoh : mengatupnya daun putri malu bila disentuh.
5. Nasti kompleks ialah gerak akibat rangsangan lebih dari satu macam.
contoh : gerak membuka dan menutup pada stomata.
6. Kemotaksis ialah gerak seluruh tubuh karena rangsang zat kimia.
contoh : gerak bakteri engelman menuju kloroplas.
7. Fotaksis ialah gerak seluruh tubuh tumbuhan karena rangsang cahaya.
contoh : gerak spora kembar menuju tempat terang.
8. Geotropisme ialah gerak sebagian tubuh tumbuhan yang berupa gaya tarik bumi..
contoh : ujung akar tumbuh ke bawah.
9. Hidrotropisme ialah gerak sebagian tubuh tumbuhan yang rangsangnya berupa akar.
contoh : gerak tumbuhan akar ke tempat berair.
10. Tigmotropisme ialah gerak sebagian tubuh tumbuhan yang rangsangnya berupa persinggungan.
contoh :gerak membelit sulut pada tanaman cucurbita.