Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-17T09:52:37+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pengertian dasar negara

Dasar negara adalah landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang keberadaannya wajib dimiliki oleh setiap negara dalam setiap detail kehidupannya.
Dasar negara juga berarti pedoman dalam mengatur kehidupan penyelenggaraan ketatanegaraan negara yang mencakup berbagai bidang kehidupan.

Kedudukan pancasila sebagai dasar negara 

Pancasila sebagai dasar fundamental negara Republik Indonesia
~ Pancasila merupakan landasan perilaku kebangsaan 
~ Pancasila merupakan tujuan dari negara Republik Indonesia
~ Sumber dari segala sumber hukum atau sumber tata tertib dalam negara


Manfaat dasar negara :

~ Menjadi pedoman bangsa
~ Sebagai dasar berdirinya suatu negar
~ Sebagai landasan idil negara
Merupakan jiwa dan kepribadian bangsa 
~ Sebagai alat pemersatu bangsa
~ Pandangan hidup bangsa
~ Ideologi negara
~ Dasar negara sangatlah penting bagi terbentuknya suatu negara yang kokoh .

Akibat tidak memiliki dasar negara :

1. Negara akan hancur , karena tidak ada yang dapat dijadikan pedoman / petunjuk dalam kehidupan bernegara 

2. Negara tanpa dasar negara berarti negara tersebut tidak memiliki pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, maka akibatnya negara tersebut tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, sehingga memudahkan munculnya kekacauan. 

3. Masyarakat bertindak secara semena-mena
2014-08-17T10:04:44+07:00
1.adalah fandemen yg kokoh dan kuat serta bersumber dari pandangan hidup atau falsafah yg mrpakan pedoman cara pandang untk mngatur pnyelenggaraan negara

2.yaitu pancasila sebagai dasar negara dari penyelengaraan khidupan berngara bgi RI ,Sumber dari sgla smber hukum

3.menjadi pendoman bangsa,mrapakan jiwa dan kpribadian bangsa
,mnjadi ptunjuk prilaku dalam khidupan

4.tdak adanya smber hukum yg tetap,negara akan hancur