Jawabanmu

2016-10-28T09:45:34+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Titik didih merupakan salah satu sifat koligatif. Sifat koligatif hanya bergantung kepada jumlah zat.

Urea adalah larutan non elektrolit yang tentu tak dapat terionisasi, sedangkan NaCl adalah jenis larutan elektrolit kuat.

Faktor Van't Hoff merupakan ciri khas yang membedakan antara larutan elektrolit dengan non elektrolit, maupun antara elektrolit kuat dengan elektrolit lemah. Faktor ini hanya dimiliki oleh senyawa elektrolit dan sebagai pengali terhadap sifat koligatif sehingga berbanding lurus. Faktor Van't Hoff yakni i = 1 + (n - 1)α, dengan n = jumlah ion dan α = derajat ionisasi.

NaCl → Na⁺ + Cl⁻, sehingga n = 2 ion, α = 1 (NaCl elektrolit kuat)

Dari persoalan yang sedang ditanyakan, meskipun kedua larutan memiliki jumlah zat yang sama sebesar 0,1 M, namun karena larutan NaCl memiliki faktor Van't Hoff menyebabkan larutan NaCl 0,1 M memiliki kenaikan titik didih serta titik didih larutan yang lebih tinggi dibandingkan larutan urea 0,1 M.

1 5 1