Jawabanmu

2014-08-16T22:21:53+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Frasa dapat ditinjau dari dua segi, yaitu :1.      Dari segi sifat hubungan konstituen.a.       Frase endosentrik adalah frase yang mempunyai distribusi yang sama dengan unsurnya.
contohnya :
1.      Susi, anak Pak Saleh, sangat pandai.2.      Matahari diufuk barat hampir terbenam.3.      Paman dan bibi sudah lama tidak megunjungi kami.4.      Kerbau, lembu, dan kambing adalah hewan piaraan.5.      Siapa yang harus pergi, saya atau Anda?6.      Anak nakal itu dihukum gurunya.7.      Sampai sekarang adik belum pulang.8.      Anak-anak itu akan memancing.9.      Cita-citanya tinggi sekali.10.  Rumah besar itu sudah dijual.b.      Frase eksosentrik ialah frase yang tidak mempunyai distribusi yang sama dengan unsurnya.1.      Gadis cantik jelita menari di panggung.2.      Ani melambaikan tangannya kepada penari.3.      Gadis cantik menari, kekasihku Ani melambaikan tangannya.4.      Waktu ayahku datang, Ibu memasak di dapur.5.      Ketika tamu sudah berdatangan, para petugas sibuk sekali6.      Waktu turun hujan lalu lintas sepi.7.      Saya pergi ke dokter, karena badan tidak sehat8.      Kita akan lulus ujian, bila rajin belajar.9.      Ia belum yakin, bahwa anaknya lulus.10.  Amir tidak pergi ke sekolah, karena sakit.
2.      Dari segi kategori gramatikalnya.a.       Frasa Nominal (FN) dan Frasa Pronominal (Fpro)-          Frasa Nominal (FN) adalah frasa endosentris berinduk satu yang induknya nomina, c
2014-08-17T06:24:55+07:00
Frasa merupakan gabungan kata (kelompok kata) yang bersifat nonpredikatif. Misalnya, lautan luas, langit biru, dll. Jenisnya, ada frasa endosentris dan eksosentris.