Jawabanmu

2014-08-16T20:22:36+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kimia adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang sifat dan ciri suatu zat.Kimia dan teori-teorinya sudah lama ditemukan dan dikemukakan oleh para ahli pada tiap-tiap zaman. Pada zaman sekarang ilmu kimia sudah menyangkup banyak bidang termasuk bidang pertanian.

Pertanian adalah kegiatan yang menyangkut tentang tanaman. Lalu apa hubungan tanaman dan kimia? Tanaman dalam proses fotosintesis mengambilmakanan dari tanah, tanaman membutuhkan unsur-unsur atau mineral yangterkandung dalam tanah. Unsur atau mineral inilah yang diteliti dandikembangkan oleh para ahli kimia. Unsur atau mineral yang dibutuhkantanaman ini disebut unsur hara.

1. Fungsi dan Pengaruh Unsur Hara C,H,O,N,P dan K merupakan contoh unsur hara. C,H dan O didapat oleh sebuah tanaman melalui senyawa CO2 dan H20. Unsur N digunakan tanaman dalam bentuk nitrat tetapi unsur N banyak diudaradalam bentuk N2. Unsur N digunakan tanaman untuk membantu dalam pertumbuhan, terutama batang dan daun. Unsur P atau fosfor digunakantanaman untuk pembentukan akar dan asimilasi tanaman. Unsur K atau kalium membantu dalam pembentukan protein dan karbohidrat selain itu juga berfungsi memperkuat bunga dan buah.

Unsur-unsur tersebut diambil oleh tanaman dari tanah. Tanaman yang tidak difungsikan oleh manusia akan mati dan mengembalikanunsur-unsur tersebut ke tanah. Tetapi pada lahan tanah yang dipanen ataudifungsukan oleh manusia otomatis tanaman tidak mengembalikan unsurtersebut ke tanah dengan kata lain unsur hara pada tanah berkurang. Pada pertanian tradisional masyarakat menanam polong polongan untuk 
mengembalikan kesuburan tanah karena polong-polongan mengikat langsung nitrogen dari udara dan nantinya diubah menjadi senyawa amoniak bersama bakteri tanah. Pada pertanian moderen hal ini tidak efektif, para ahli dan pakar kimia mencari pemecahan masalah ini dan didapati yang namanya pupuk.

Maaf Kepanjangan :D

7 4 7
terima kasih kawan.. gpp panjang. cari di gogle malah pendek²
Ya Sama - Sama :D :)