Jawabanmu

2014-08-16T18:22:15+07:00
Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabelA.    KALIMAT TERBUKA1.      PernyataanDalam kehidupan sehari-hari sering kita menjumpai berbagai macam kalimat berikuta.       Jakarta adalah ibukota Indonesiab.      Gunung Merapi terletak di Jawa Tengahc.       8 > -5Ketiga kalimat diatas merupakan kalimat yang bernilai benar, karena setiap orang mengakui kebenaran kalimat tersebut. Selanjutnya perhatikan kalimat-kalimat berikut.a.       Tugu Monas terletak di Yogyakartab.      2 + 5 < -2c.       Matahari terbenam diarah timurKetiga kalimat tersebut merupakan kalimat yang bernilai salah, karena setiap orang tidak sependapat dengan kalimat tersebut.Kalimat yang dapat ditentukan nilai kebenarannya(bernilai benar atau salah) disebut pernyataan.2.      Kalimat terbuka dan Himpunan penyelesaian kalimat terbukaDapatkah kalian menjawab kalimat pernyataan “Indonesia terletak di benua x”. Jika x diganti Asia maka kalimat itu bernilai benar. Adapun jika xdiganti Eropa maka kalimat tersebut bernilai salah. Kalimat “ Indonesia terletak di benua x” disebut kalimat terbuka.Contoh:a.       3 - x = 6, x anggota bilangan bulatb.      12 – y = 7, y anggota himpunan bilangan cacahc.       z × 5 = 15, z anggota himpunan bilangan asliKalimat 3 – x = 6,x anggota bilangan bulat akan bernilai benar jika xdiganti dengan – 3. Selanjutnya x disebut variabel, sedangkan 3 dan 6 disebut konstantaKalimat terbuka adalah kalimat yang memuat variabel dan belum ditentukan nilai kebenarannyaVariabel adalah lambang(simbol) pada kalimat terbuka yang dapat diganti oleh sebarang anggota himpunan yang telah ditentukan.Konstanta adalah nilai tetap (tertentu) yang terdapat pada kalimat terbuka.Sekarang perhatikan kalimat  9. Jika variabel x diganti -3 atau 3 maka kalimat  = 9 bernilai benar. Dalam hal ini x = -3 atau x = 3 adalah penyelesaian dari kalimat terbuka 9. Jadi himpunan penyelesaian  = 9 adalah {-3, 3}.

Himpunan penyelesaian dari kalimat terbuka adalah himpunan dari semua pengganti dari variabel-variabel pada kalimat terbuka sehingga kalimat tersebut bernilai benar
Jawaban paling cerdas!
2014-08-16T18:24:30+07:00
persamaan Variabel
ax + b = c
x + 1 = 2
x - 2 = 0
x + 9 = 11
4x + 7 = 8

pertidaksamaan Variabel
ax + b  \leq c
x + 1  \geq 2
x - 2  \leq 0
x + 9  \leq 11
4x + 7  \geq 8





Contoh Persamaan Dan Tidak Persamaan Variabel