Jawabanmu

2014-08-16T18:19:43+07:00
1. Mengapa hak asasi manusia tidak dapat dilaksanakan secara mutlak?
Jawab:
Karena Negara ini Negara hukum. Semua dibatasi oleh hukum, melanggar hak orang lain dan memperjuangkan hak sendiri sampai mengabaikan hak orang lain, ini merupakan tindakan yang tidak manusiawi.
2. Sebutkan Undung-undang yang mengatur tentang hak asasi manusia di Indonesia !
Jawab:
1) UU. No. 39/1999, tentang Hak asasi manusia
2) UU. No. 10/1999, tentang pers
3) UU. No. 9/1998, tentang kemerdekaan menyatakan pendapat
4) UU. No 26/2000, tentang pengadilan HAM
3. Sebutkan hambatan dan tantangan dalam penegakkan HAM !
Jawab:
Tantangan dan hambatan dalam penegakkan HAM yaitu:
1) Masalah ketertiban dan keamanan social
2) Rendahnya kesadaran akan hak-hak asasi manusia yang dimiliki orang lain
3) Terbatasnya perangkat hukum dan perundang-undangan yang ada
4) Adanya dikotomi antara individualism dan kolektivisme
5) Kurang berfungsinya lembaga-lembaga penegakan hukum
6) Pemahaman belum merata, baik kalangan sipil maupun kalangan militer
7) Belum adanya kesepakatan pada tatanan konsep HAM antara aliran universalisme dengan partikularisme
4. Jelaskan yang anda ketahui mengenai Atlantic Charter !
Jawab:
Atlantic charter atau Piagam Atlantik adalah sebuah deklarasi bersama yang dikeluarkan oleh perdana Menteri Inggris Winston Churchill dan presiden Amerika Serikat diatas kapal perang kerajaan Inggris.
5. Sebutkan kegiatan yang dilakukan Komisi Nasional HAM dalam rangka menegakkan hak asasi manusia di Indonesia!
Jawab:
1) Menyebarluaskan wawasan nasional dan internasional mengenai HAM, baik kepada masyarakat Indonesia maupun kepada masyarakat internasional
2) Mengkaji berbagai instrument PBB tentang HAM dengan tujuan memberikan saran-saran mengenai kemungkinan meratifikasinya
3) Memantau dan menyelidiki pelaksanaan HAM serta member pendapat, pertimbangan, dan saran kepada badan pemerintah Negara mengenai pelaksanaan HAM
4) Melaksanakan kerjasama ragional dan internasional dalam rangka ,mengajukan dan melindungi HAM
Jawaban paling cerdas!
2014-08-16T18:22:18+07:00
Apa yang di maksud dengan HAM?
sebukan macam-macam HAM yang ada di indonesia?
apa contoh pelanggaran HAM baru-baru ini?
UU no berapakah yg mengenai komnas HAM ?

2 5 2