Jawabanmu

2014-08-16T17:43:55+07:00
Ada 3 langkah mudah! Ikuti dengan cermat.

1. Pergi ke Toko Batik, minta mereka buat batik dari sarung sesuai keinginan anda kemudian bayar

2. Beli bahan sarungnya di Toko Sarung kemudian lanjut ke Jawaban no. 1

3. Siapkan uang minimal RpĀ 75.000 kemudian ikuti langkah dari jawaban no. 2
Jawaban paling cerdas!
2014-08-16T18:05:20+07:00
1. Langkah pertama kita membuat desain kain batik di atas kain mori dengan pensil atau biasa disebut molani. Dalam penentuan motif, biasanya tiap orang memiliki selera berbeda-beda. Ada yang lebih suka untuk membuat motif sendiri, namun yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada.2. Langkah kedua adalah menggunakan canting yang telah berisi lilin cair untuk melapisi motif yang diinginkan. Disesuaikan dengan kebutuha, misalnya sarung batik berbeda dengan celana. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena. Setelah lilin cukup kering, celupkan kain ke dalam larutan pewarna.3. Proses terakhir adalah nglorot, dimana kain yang telah berubah warna direbus dengan air panas.
1 5 1