Jawabanmu

2014-08-16T13:21:28+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-08-16T13:42:23+07:00
1. Kerajaan Tarumanegara

Faktor Pendorong dan Bukti-Bukti Kejayaan:
Raja Purnawarman telah memerintah untuk menggali satu saluran air. Penggalian saluran air ini sangat besar artinya, karena merupakan pembuatan saluran irigasi untuk memperlancar pengairan sawah-sawah pertanian rakyat. Hasil pertanian tersebut memajukan perekonomian.


2. Kerajaan Sriwijaya

Faktor Pendorong dan Bukti-Bukti Kejayaan:
1. Letaknya yang strategis di Selat Malaka yang merupakan jalur pelayaran dan
    perdagangan internasional. Hal ini mendorong Kerajaan Sriwiijaya untuk
    berkembang pesat sebagai negara maritim.
2. Kemajuan kegiatan perdagangan antara India dan Cina yang melintasa Selat
    Malaka sehingga membawa keuntungan yang terbesar bagi Sriwijaya.
3. Keruntuhan Kerajaan Funan di Vietnam Selatan akibat serangan Kerajaan
    Kamboja memberikan kesempatan bagi perkembangan Sriwijaya sebagai
    negara maritim (sarwajala), yang selama abad ke-6 dipegang oleh Kerajaan
    Funan.

3. Kerajaan Mataram Kuno

Faktor Pendorong dan Bukti-Bukti Kejayaan:

1. Naik tahtanya Sanjaya yang sangat ahli dalam peperangan
2. Pembangunan sebuah waduk Hujung Galuh di Waringin Sapta (Waringin
    Pitu) guna mengatur aliran Sungai Berangas, sehingga banyak kapal dagang
    dari Benggala, Sri Lanka, Chola, Champa, Burma, dan lain-lain datang ke
    pelabuhan itu.
3. Pindahnya kekuasaan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur yang didasari oleh:
    a.) Adanya sungai-sungai besar, antara lain Sungai Brantas dan Bengawan
        Solo yang sangat memudahkan bagi lalu lintas perdagangan.
    b.) Adanya dataran rendah yang luas sehingga memungkinkan penanaman
         padi secara besar-besaran.
    c.) Lokasi Jawa Timur yang berdekatan dengan jalan perdagangan utama
         waktu itu, yaitu jalur perdagangan rempah-rempah dari Maluku ke Malaka.



2 5 2