Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-16T10:09:16+07:00
Udara merupakan satu dari bagian benda yang mengisi jagat ini. Namun kadang kita lupa akan keberadaan udara, lantaran angin dan udara terlalu dekat dengan kita dan pula dia transparan, dapat kita tembus. Karena sifatnya fleksibel maka dia selalu ngalah dengan benda lain terutama yang lebih padat, seolah-olah angin itu tidak kita hiraukan. Itulah yang perlu kita sikapi, mengapa indra kita tidak jeli dapat menangkap fenomena semacan ini? Kadang sesuatu yang memberi manfaat paling banyak bagi kita justru itu yang kita lupakan.

Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan perbedaan tekanan udara dari tekanan tinggi ke tekanan rendah di sekitarnya. Secara global angin juga diakibatkan oleh rotasi bumi.

Proses penyebab terjadinya angin adalah apabila udara (sifat benda terkena panas), maka udara akan memuai dan berat jenisnya berkurang. Dari udara yang memuai dan menjadi lebih ringan itu lantas menuju ke atas atau ke tempat yang kurang kepadatannya. Apabila hal ini terjadi, tekanan udara yang ditinggal akan turun dan otomatis diganti oleh udara di disekitarnya yang lebih dingin mengalir ke tempat tsb. Maka dgn terjadinya perpindahan udara inilah sbg angin.
Udara yang ringan tadi setelah berada di atas atau di tempat barunya membuat dia susut kembali dan menjadi lebih berat kembali lalu turun atau menuju ke tempat yang lebih renggang. Aliran udara panas menuju ke wilayah udara dingin ini dinamanakan konveksi.
Peredaran atau sirkulasi inilah terjadinya angin.
2 4 2