buatlah teks dialog yang menggambarkan negoisasi antara seorang pengusaha kain dan pihak perbankan. gambarkan bahwa untuk mengembangkan usahanya pengusaha itu mengajukan kredit kepada bank sebesar Rp 200.000.000,00. Ia menemui kepala bagian kredit untuk bernegoisasi, tetapi pengajuan kreditnya hanya disetujui Rp 150.000.000,00.

1

Jawabanmu

2014-02-10T20:11:51+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pengusaha : Terima kasih atas kesempatannya bersedia untuk bertemu dengan saya dan berdialog mengenai rencana pendanaan kredit dari Bank terhadap usaha batik saya.
Bank : Terima kasih juga Pak X sudah memilih bank kami sebagai mitra, ada yang bisa saya bantu Pak?
Pengusaha : Saya membutuhkan pendanaan untuk pengembangan usaha saya, saya baru saja melakukan investasi pembelian mesin cetak batik seharga 500 juta. Sejauh ini saya memiliki dana 300 juta dari simpanan saya. Kekurangannya saya harap dapat dibantu oleh Bank anda.
Bank : Berapa lama jangka waktu yang anda inginkan Pak?
Pengusaha : Saya mampu membayar kredit hingga 10 tahun dengan bunga 8% pertahun, bagaimana? 
Bank : Untuk 10 tahun kami hanya dapat memberikan bapak dana 150 juta, namun apabila bapak bersedia meminjam selama 15 tahun dengan bunga 10 % maka kami akan berikan 200 juta.
Pengusaha : Hmm.. itu tidak menguntungkan bagi saya kalau saya meminjam 200 juta dan kena bunga 10 %. Baiklah saya ambil yang 150 juta dengan ketentuan yang tadi bapak sampaikan.
Bank : Terima kasih Pak sudah bersedia meminjam dana di kami. 
3 3 3