Jawabanmu

2014-02-10T18:36:04+07:00
1. Ciri Membaca dengan Teknik CepatJenis membaca dengan teknik cepat memiliki beberapa ciri. Ciri-ciri tersebut antara lain sebagai berikut.Menggunakan waktu minimal dengan hasil maksimal.Hasil yang diharapkan adalah menguasai isi bacaan.Gerak mata cepat tanpa menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri.Membaca dengan tidak menggunakan alat bantu penunjuk, seperti jari, pensil,pena, atau alat lainnya.Kegiatan membaca diakhiri dengan keberhasilan membuat ringkasan dan kesimpulan bacaan.Memperoleh informasi dan memahami gagasan penulis secara cepat dan tepat.
2. Hal-Hal yang Perlu DiperhatikanAgar kamu dapat membaca dengan teknik cepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut.Berkonsentrasilah saat membaca agar gagasan utama dapat kamu temukan dengan cepat.Temukanlah kata kunci pokok-pokok tiap kalimat, paragraf, atau wacananya.Latihlah gerak mata untuk membaca dengan pola lurus, spiral, atau zigzag.
3. Hal-Hal yang Perlu DihindariSaat membaca cepat ada hal-hal yang perlu kamu hindari. Hindarilah kegiatan berikut ini.Membaca dengan bersuara.Menggerak-gerakkan bibir (berkomat-kamit).Membaca dengan jari atau benda lain untuk menunjuk kata demi kata.Membaca dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri mengikuti tulisan.Membaca ulang bagian yang sudah kita baca (regresi).Menyerah pada keadaan yang mengganggu.Membaca dengan tidak ada dorongan untuk berhasil (antusiasisme).Membaca tidak pada tempat yang sebenarnya.Posisi tubuh dan penyinaran yang salah.Sambil melakukan kegiatan lain (makan, minum, mendengarkan radio, dan sebagainya).
4. Rumus Menghitung Kecepatan MembacaUntuk menghitung kemampuan membaca kamu, gunakanlah rumus berikut.
Keterangan:
KM : Kemampuan Membaca (kata per menit)
JK : Jumlah Kata
JW : Jumlah Waktu (detik)
KP : Kemampuan Pemahaman
JB : Jumlah Jawaban Benar
JS : Jumlah Soal Seluruhnya
KEM : Kemampuan Efektif Membaca
1 2 1
2014-02-10T18:36:32+07:00
Jumlah kata yang dibaca : jumlah detik untuk membaca × 60 = jumlah kata per menit