Jawabanmu

2014-08-15T17:55:25+07:00
Garuda adalah seekor burung yang hidup dalam dunia khayalan, terutama dalam perwayangan. Garuda dianggap mulia karena memiliki kekutan dan kecantikan parasnya. Burung Garuda juga dapat melambangkan kebebasan karena dapat terbang kemana saja. Bukan dicengkram tetapi mencengkram simbolBhineka Tunggal Eka. Perjelasan yang terkait ada didalam kitab Mahabarata yang ditulis semasa pemerintahan Dharmawangsa (991-1007) yang memerinthkan kerajaan Hindu-Mataram. Dalam Mahabarata dikisahkan burung Garuda membebaskan dari perbudakan dan penjajahan.
Leher burung Garuda yang menoleh kekanan, melambangkan bahwa jiwa-jiwa Bangsa Indonesia haruslah bergerak kearah kebaikan. Sesuai dengan budaya Nusantara yang juga menganggap "Kanan" itu adalah kebaikan. Sedang sebelah kiri melambangkan hal-hal yang negatif.

2014-08-15T18:01:16+07:00
Burung Garuda adalah Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jumlah bulu2 dalam burung garuda menggambarkan tanggal hari kemerdekaan Indonesia. Seperti pada sayapnya, bulunya berjumlah 17, yaitu bermakna hari kemerdekaan RI jatuh pada tanggal 17. Lalu pada ekornya, bulunya berjumlah 8, yaitu bermakna hari kemerdekaan RI jatuh pada bulan ke-8 (Agustus). Dan pada lehernya, bulunya berjumlah 45, yang bermaknakan hari kemerdekaan RI jatuh pada tahun '45. Selain itu, Burung Garuda juga memiliki lambang2 dasar negara Pancasila pada dadanya. Terdapat pula tulisan "Bhineka Tunggal Ika" yang tercengkram pada kaki burung Garuda, yaitu Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Arah kepala Burung Garuda juga menengok ke kanan, yang berartikan Bangsa Indonesia memiliki akhlak yang baik.