Jawabanmu

2014-08-15T17:24:48+07:00
Langkah-langkah cara membuat tanaman hidroponikHidroponik Wick dengan botol bekas :1. Potong botol menjadi 2 bagian. (atas dan bawah)2. Lubangi bagian atas (daerah leher botol) untuk pemasangan sumbu dan aliran udara
3. Pasang sumbu pada bagian bawah botol
4. Masukkan bagian atas botol ke bagian bawah botol dengan cara dibalik.5. Isi bagian atas botol dengan media tanam (bisa rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan bata merah). Pilih saja mana yang paling mudah didapat. Karena fungsi media ini hanya untuk pijakan akar agar tidak rebah.6. Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tanaman ke dalam media tanam.7. Siram dengan larutan nutrisi hidroponik.
8. Simpan di tempat yang tidak terkena hujan tetapi masih bisa mendapat sinar matahari.
Membuat Larutan Nutrisi HidroponikBahan:Pupuk Urea…………………………………………….1000 gr.Pupuk KCL …………………………………………… 1000 gr.Pupuk NPK …………………………………………… 1000 gr.Pupuk daun Gandasil ( Growmore ) ……………. 50 gr.Peralatan:Ember bervolume 20 Liter.Drum plastik bervolume 100 literTimbangan digitalAlat pengadukAir sumur, air sungai,Air PAM tidak diperkenankan kecuali yang sudah diendapkan selama 7 – 10 hari.Cara membuat:Masukkan semua bahan yang telah ditimbang ke dalam ember volume 20 liter.Tuangkan air sumur sebanyak 20 ltr ke dalam ember tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk – aduk lanjutkan pengadukan hingga air mencapai volume 20 liter dan tidak ada lagi pupuk yang masih mengkristal (tidak ada endapan)Tuangkan larutan pekatan tadi ke dalam bak penampungan volume 100 liter.Kucurkan air sumur kedalam bak penampungan sambil diaduk – aduk hingga penuh (mencapai volume 100 liter).Larutan Nutrisi siap digunakan.
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-08-15T17:26:11+07:00
hidroponik adalah cara bertanam menggunakan media air sehingga tidak memerlukan tanah atau area yang luas. Secara sederhana, hidroponik adalah metode budidaya tanaman dengan menggunakan air yang diperkaya dengan nutrisi, bukan tanah. Hal ini membuat parameter seperti nutrisi, pengendalian hama, dan pencahayaan lebih mudah dikelola
1 5 1